PENDIDIKAN:
1984: Insinyur (Ir.), Bidang Keahlian Ilmu-Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB).
1992: Master of Science (M.Sc.) - Major : Continuing & Vocational Education & Minor : Curriculum & Instruction, University of Wisconsin-Madison,USA.
1999: Doctor of Philoshophy (Ph.D) untuk Science Education dengan major pada Policy Research and Analysis, Curtin University of Technology (CUT), Perth, AUSTRALIA.
PUBLIKASI:
Buku:
1. Kebijakan Pendidikan di Indonesia (2012). Penulis: Ir Hendarman, MSc PhD. Penerbit Jenggal Pustaka Utama, Surabaya.
2. Metodologi Penelitian Kebijakan.(2012). Penulis: Dr Nusa Putra dan Ir Hendarman, MSc Ph.D. Penerbit Rosda, Bandung.
3. Metode Campur Sari (2013). Penulis: Dr Nusa Putra dan Ir Hendarman M.Sc. Ph.D. Penerbit: PT Indeks Jakarta.
Jurnal:
1. Journal of Technical Education and Training, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia ISSN: 2229-8932 Volume 4 Number 2 December 2012 "Analysis and Modeling of Education Participation Index (EPI) In Indonesia From 2003-2008" (Penulis Kedua).
2. "Kendala-Kendala Pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS)" dalam Jurnal Pendidkan dan Kebudayaan Vol.20, Nomor 1, Maret 2014, ISSN 0215-2673, Terakreditasi LIPI Nomor: 438/AU2/P2MI-LIPI/08/2012.
3. "Paradigma, Anggaran dan Kerjasama Penelitian Kebijakan" dalam INOVASI Jurnal Politik dan Kebijakan Vol.11, Nomor 1, Maret 2014, ISSN 1829-8079, Terakreditasi LIPI Nomor:532/AU2/P2MI-LIPI/04/2013.
4. "Kajian Kebijakan Ujian Nasional Online" dalam Jurnal Teknodik, Vol.17, Nomor 4, Desember 2013, ISSN 2088-3978, Terakreditasi LIPI Nomor 464/AU1/P2MI-LIPI/08/2012.
5. "Pemanfaatan Hasil Akreditasi dan Kredibilitas Asesor Sekolah/Madrasah" dalam Jurnal Pendidkan dan Kebudayaan Vol.19, Nomor 4, Desember 2013, ISSN 0215-2673, Terakreditasi LIPI Nomor: 438/AU2/P2MI-LIPI/08/2012.
6. "Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Akreditasi Sekolah/Madrasah" dalam Jurnal Teknodik, Vol.17, Nomor 3, September 2013, ISSN 2088-3978, Terakreditasi LIPI Nomor 464/AU1/P2MI-LIPI/08/2012.
7. Kajian Kebijakan Kewirausahaan Pada Pendidikan Tinggi" dalam INOVASI Jurnal Politik dan Kebijakan Vol.10, Nomor 3, September 2013, ISSN 1829-8079, Terakreditasi LIPI Nomor:532/AU2/P2MI-LIPI/04/2013.
8. Kajian terhadap Dewan Pendidikan di Indonesia. Dalam INOVASI; Jurnal Politik dan Kebijakan, Vol. 9 No.1, Maret 2012, ISSN 1829-8079, Terakreditasi LIPI No. 482/D/2011 Tanggal 12 April 2011.
9. Kajian Kebijakan PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) (Jurnal Pendidikan & Kebudayaan (terakreditasi LIPI) Vol. 17 Nomor 6, November 2011 – ISSN 0215-2673)
10. Status Legal dan Sistem Pendanaan pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (terakreditasi LIPI) No. 10 Tahun Ke-4 Agustus 2011 – ISSN 0216-2792)
11. Penggunaan Bahasa Inggris pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) (Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (terakreditasi LIPI) No. 10 Tahun Ke-4 April 2011 – ISSN 0216-2792)
12. Roadmap (Peta Jalan) Penelitian Kebijakan Pendidikan – disampaikan pada Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pendidikan (prosiding) – Pusat Studi Kebijakan dan Pusat Studi Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta
13. Perceptions of Principals, Teachers and Curriculum Developers towards Employability Skills Development in Technical and Vocational Schools: A Case Study of Indonesia (SEAMEO VOCTECH Journal: Journal for Vocational and Technical Education and Training, Volume 9 Number 1, December 2009 – No. ISSN 1810-5416)
14. Teachers’ Perceptions of the Value of Information Technology in Teaching-Learning Process within Technical and Vocational Education (TVE): An Initial Survey (Jurnal Ilmu Pendidikan PARAMETER – Lembaga Penelitian UNJ: Nomor 20 Tahun XXI, Desember 2004 – No. ISSN 0216-216X)
15. Vocational Teachers’ Perception of Teaching Staff, Programme Content Selection and Finance Responsibility (Jurnal Ilmu Pendidikan – Universitas Negeri Malang: Oktober 2004, Jilid 11, Nomor 3 – No. ISSN 0215-9643)
16. Provision, Finance Responsibility, and Teachers’ Qualifications for Technical and Vocational Education (TVE): An Initial Survey (Jurnal Ilmu Pendidikan PARAMETER – Lembaga Penelitian UNJ: Nomor 19 Tahun XXI, Agustus 2004 – No. ISSN 0216-216X)
17. Students’ Reasons for Attending Vocational and Technical Institutions in Brunei Darussalam: An Initial Survey (SEAMEO VOCTECH Journal: Journal for Vocational and Technical Education and Training, June 2004 – No. ISSN 1810-5416)
18. Pemahaman Konsep Kurikulum SMK Edisi 1999: Studi Kasus Kelompok Pariwisata (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Maret 2004, Tahun Ke-10, No. 047 – No. ISSN 0215-2673)
19. Regional Competency Standards in Vocational and Technical Education and the Readiness of Countries in the Southeast Asia Region (SEAMEO VOCTECH Journal: Journal for Vocational and Technical Education and Training, Desember 2003 – No. ISSN 1810-5416)
20. Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan: Persepsi Kepala Sekolah, Guru dan Institusi Pasangan (Media Jarlit, Nomor 3 Tahun ke –VII, September 2003 – No. ISSN )
21. The Incorporation of Life Competency in Technical and Vocational Secondary School Curriculum: Perception of Teachers and Curriculum Developers (Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 3 No. 1 April 2003 – No. ISSN 1412-565X)
22. Students’ Choice on Vocational School and Their Parents’ Socio-Economic Status (Jurnal Ilmu Pendidikan PARAMETER – Lembaga Penelitian UNJ, No. 16 Tahun XX Februari 2003 - No. ISSN 0216-216X)
23. Integrasi Hak-Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Kurikulum Pendidikan Dasar (Suatu Studi Pendahuluan) – Majalah Ilmiah Perspektif Humaniora : Nomor 019/Tahun Ke-V/Maret 2001 – No. ISSN 0853-912X
24. Pendidikan Budi Pekerti: Bagian dari Upaya Pembentukan Watak Manusia Indonesia (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Januari 2000 Tahun Ke-5 No. 021 - No. ISSN 0215-2673)
Conference Proceedings:
1. A Framework for the Indonesian TVE Curriculum Development and Decision-Making Process (Prosiding/Risalah: The Ninth International Conference of the Department of Science and Mathematics Education, Sultan Hassanal Bolkiah Institute of Education, Universiti Brunei Darussalam, 17 – 20 Mei 2004 – No. ISBN 99917–1–144–9)
2. Provision, Finance Responsibility and Programme Content Selection for Future Technical and Vocational Education in Indonesia (Prosiding/Risalah: The Ninth International Conference of the Department of Science and Mathematics Education, Sultan Hassanal Bolkiah Institute of Education, Universiti Brunei Darussalam, 17 – 20 Mei 2004 – No. ISBN 99917–1–144–9)
3. Students’ Family Background and Reasons for Attending Vocational School: A Case Study of Indonesia (Bagian dari Buku: Studies in Science, Mathematics and Technical Education, 2003 – No. ISBN 99917–1–109–0)
4. Employability Skills in Technical and Vocational School Curriculum: A Case Study of Indonesia (Bagian dari Buku: Studies in Science, Mathematics and Technical Education, 2003 – No. ISBN 99917–1–109–0)
5. Issues and Challenges for Vocational and Technical Education in ASEAN Countries (Prosiding/Risalah: The Seventh Annual Conference of the Department of Science and Mathematics Education, Universiti Brunei Darussalam, 20-23 Mei 2002 – No. ISBN 99917–1–094–9)
6. Implications of Globalisation to Vocational and Technical Education in the Southeast Asia Region – Makalah Dalam Pertemuan Ilmiah: the 4th Comparative Education Society of Asia (CESA) Biennial Conference, Bandung (Indonesia), 21-22 Juli 2003
7. Do Research for Your Outstanding Teaching Performance – Makalah Dalam Pertemuan Ilmiah: International Conference on Higher Education for the 21st Century, Curtin University, Miri (Serawak): 24-26 September 2002.