Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) masyarakat Kabupaten Karimun berdasarkan pekerjaan; 2) persepsi masyarakat terhadap pendidikan; dan 3) peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam mengurangi buta aksara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap warga belajar, tokoh masyarakat, dan Pegawai Dinas Pendidikan serta Diskusi Kelompok Terpimpin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pekerjaan masyarakat Kabupaten Karimun adalah buruh, nelayan, penyelam, pedagang, menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan menggunakan paspor wisatawan yang tidak mensyaratkan pendidikan, dan sebagai Pegawai Negeri Sipil, 2) Masyarakat mempunyai kesadaran yang rendah terhadap pentingnya pendidikan, mengingat tanpa bersekolah pun mereka dapat memperoleh penghasilan yang besar, dan 3) Peran PKBM di Karimun sangat penting dalam mengurangi buta aksara ditandai dengan banyaknya peserta dewasa yang mengikuti Program Keaksaraan Paket A, B, dan C, serta Keaksaraan Usaha Mandiri dan Keaksaraan. Selain itu, anak-anak juga mengikuti Kelompok Bermain dan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini menyimpulkan Peran PKBM sangat penting dalam mengurangi buta aksara di Kabupaten Karimun, karena waktu belajar di PKBM lebih fleksibel dibandingkan dengan sekolah formal. Hambatan pelaksanaan PKBM di Karimun, antara lain jam kerja warga belajar, jauh dan sulitnya jarak tempuh, keterbatasan jumlah tutor dan besar honor tutor.

Article Details

How to Cite
Irmawati, A.-. (2017). PERAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DALAM MENGURANGI BUTA AKSARA DI KABUPATEN KARIMUN*). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 81-98. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.579

References

  1. Abdullah & Sari P, Intan. 2014. Politik Identitas Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia: Kasus Badau di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (232). Kawistara 4(3), 225-236, https://jurnal.ugm.ac.id/ kawistara/article/ viewFile /6378/5036, diakses tanggal 7 Maret 2017.
  2. Bawani & Fauziyah. 2014. Pengelolaan Program Keaksaraan Fungsional Untuk Memberantas Buta Aksara di Petissari, Babaksari, Dukun, Gresik. Jurnal Kependidikan Islam, 4 (1) http://jurnalki.uinsby.ac.id/index.php/jurnalki/article view/11 diakses tanggal 25 Maret 2017.
  3. Defriana, W. 2015. Efektivitas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera di Kelurahan Parit Mayor Kecamatan Pontianak Timur. Jurnal S1-Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 1-22 http://docplayer.info/41330904-Efektivitas-pusat-kegiatan-belajar-masyarakat-pkbmsejahtera-di-kelurahan-parit-mayor-kecamatan-pontianak-timur.html, diakses tanggal 30 Maret 2017.
  4. Fatimah. 2008. Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam rangka Pengembangan Masyarakat (Studi Kasus: Program Paket C pada PKBM Santika, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Kotamadya Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta). Skripsi, Institut Pertanian Bogor. https://core.ac.uk/download/ pdf/32339594.pdf, diakses tanggal 26 April 2017.
  5. Hartini, Sumarno, & Hiryanto. 2015. Dampak Pendidikan Keaksaraan terhadap Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga. http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/download/3586, (173-179), diakses tanggal 29 Maret 2017.
  6. Hiryanto. 2008. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/makalah-ppm-pemberdayaan-masyakat-pnf.pdf. disampaikan dalam Lokakarya Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendidikan Luar Sekolah tanggal 22 November 2008 di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bantul. diakses tanggal 7 Maret 2017.
  7. Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  8. Republik Indonesia. 2016. Karimun Dalam Angka Tahun 2016. Karimun: Badan Pusat Statistik Kabupaten Karimun.
  9. Republik Indonesia. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Rusikawati. 2010 Efektivitas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Usaha Mulya dalam Meningkatkan Pendidikan Masyarakat di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Skripsi, Surakarta: Universitas Sebelas Maret. https://eprints.uns.ac.id/55281/Unlockg. pdf. diakses tanggal 26 Maret 2017.
  11. Rizqi, M. 2008. Peran PKBM Suka Caturtunggal Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia di Kelurahan Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga http://digilib.uin-suka.ac.id/927/ diakses tanggal 29 Maret 2017.
  12. Sari. 2014. Analisis Efektivitas Pengelolaan Pusat Kegiatan Pembelajaran Masyarakat (PKBM) (Studi Evaluatif di PKBM Sriwijaya Sawah Lebar Kota Bengkulu). Tesis. Universitas Bengkulu. http://repository. unib.ac.id/8454/ diakses tanggal 29 Maret 2017.
  13. Saepudin, Sadikin, & Saripah. 2016. Penguatan Manajemen Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI 11(2), 232.
  14. Septiani. 2016. Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10 (2), 67-76 journal.unj.ac.id/jurnalfip/index.php/visi/article/download/13/16, diakses tanggal 29 Maret 2017.
  15. Setyawati. 2015. Aspirasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Kasus di Keluarga Nelayan Pantaisari Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan). Skripsi, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/23014/1/1201411039.pdf. diakses tanggal 24 Juli 2017.
  16. Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
  17. Sutisna, Sinaga, & Rosfiantika. 2012. Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam Menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar, eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran 1(1), http://jurnal.unpad.ac.id/journal/article/view/ 1287/pdf diakses tanggal 29 Maret 2017.
  18. Tohani. 2009. Evaluasi Pelaksanaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam konteks Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2) (194-205). http://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article /viewFile/4618/3965, diakses tanggal 29 Maret 2017.
  19. Wasak. 2012. Keadaan Sosial-Ekonomi Masyarakat Nelayan di Desa Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Pacific Journal, 1(7),1339-1342, http://repo.unsrat.ac.id/280/1/Keadaan_Sosial-Ekonomi_Masyarakat Nelayan_di_Desa_Kinabuhutan_Kecamatan _Likupang_Barat._Kabupaten_Minahasa Utara%2c_Sulawesi_Utara.pdf, diakses tanggal 24 April 2017.