Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan mengidentifikasi implementasi nilai karakter melalui pembelajaran proyek anak usia dini pada Kurikulum Merdeka dan nilai karakter apa saja yang muncul dalam pembelajaran proyek. Pendekatan penelitan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari kepala sekolah, guru, dan anak di sebuah satuan pendidikan anak usia dini. Jenis data penelitian adalah refleksi guru, verbal, dan dokumentasi kegiatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai karakter melalui pembelajaran proyek pada Kurikulum Merdeka menggunakan tahap permulaan, pengembangan, dan penyimpulan. Nilai karakter yang diimplementasikan pada pembelajaran proyek berbasis kelas mengacu pada tiga elemen capaian pembelajaran yaitu budi pekerti, jati diri, serta dasar-dasar literasi dan STEAM. Sedangkan pembelajaran proyek berbasis sekolah mengacu pada enam dimensi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Respon positif ditunjukkan oleh anak ketika mengikuti pembelajaran dengan metode proyek dan perilaku tanggung jawab, komunikatif dan kerja sama mengalami peningkatan yang cukup baik dan lebih sering muncul dalam keseharian anak. Dengan demikian, implementasi pembelajaran proyek pada Kurikulum dapat menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan karakter anak sesuai dengan tujuan pendidikan karakter yang diharapkan. 

Keywords

nilai karakter pembelajaran proyek anak usia dini Kurikulum Merdeka

Article Details

How to Cite
Widiastuti, S., Harun , H., Cholimah, N., & Tjiptasari , F. (2024). Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Proyek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 85 - 109. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631

References

  1. Abidah. (2023). Dampak penggunaan gadget terhadap degradasi moral pelajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2716–2725. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11393
  2. Adawiyah, R. (2018). Model pembelajaran proyek bermuatan budaya lokal dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal dan visual-spasial. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 32–40. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.15436
  3. Aksela, M., & Haatainen, O. (2019). Project-based learning (PBL) in practise: Active teachers’ views of its’ advantages and challenges. In Integrated Education for the Real World : 5th International STEM in Education Conference Post-Conference Proceedings, 9–16. http://hdl.handle.net/10138/304045
  4. Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TKIT al-farabi. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2). https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alathfal/article/view/3912/3256
  5. Ashfarina, I. N., Soedjarwo, & W, D. T. W. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar di pendidikan anak usia dini (PAUD). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1355–1364.
  6. Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai implementasi kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453
  7. Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
  8. Carr, M. (2011). Young children reflecting on their learning: Teachers’ conversation strategies. Early Years, 31(3), 257–270. https://doi.org/10.1080/09575146.2011.613805
  9. Creswell, J., & Poth, C. (2018). Qualitative inguiry research design: Choosing among five approaches. In journal of chemical information and modeling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
  10. Creswell, J. W. (2013). Qualitative inguiry research design: Choosing among five approaches (Third). SAGE Publications. http://www.ceil-conicet.gov.ar/wp-content/uploads/2018/04/CRESWELLQualitative-Inquary-and-Research-Design-Creswell.pdf
  11. Dahl, A., & Killen, M. (2018). A developmental perspective on the origins of morality in infancy and early childhood. Frontiers in Psychology, 9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01736
  12. Doyan, A., Mahrus, M., Susilawati, S., Akhzami, R. R. A., Andayani, Y., & Muntari, M. (2023). Pelatihan project based learning tentang “stek tanaman” di SMAS Attohiriyah Bodak untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Magister pendidikan IPA Universitas Mataram. Unram Journal of Community Service, 4(2), 52–55. doi.org/10.29303/ujcs.v4i2.455
  13. Eka Santika, I. W. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
  14. Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma baru dalam kurikulum prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–155. doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
  15. Farida, N., & Rasyid, H. (2019). The effectiveness of project-based learning approach to social development of early childhood. Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018), 296, 369–372. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.67
  16. Fuertes-Camacho, M. T., Graell-Martín, M., Fuentes-Loss, M., & Balaguer-Fàbregas, M. C. (2019). Integrating sustainability into higher education curricula through the project method, a global learning strategy. Sustainability (Switzerland), 11(3). https://doi.org/10.3390/su11030767
  17. Haatainen, O., & Aksela, M. (2021). Project-based learning in integrated science education: Active teachers’ perceptions and practices. LUMAT: International Journal on Math, Science and Technology Education, 9(1), 149–173. https://doi.org/10.31129/LUMAT.9.1.1392
  18. Hamidah, M. (2017). Meningkatkan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui penerapan metode proyek. Tunas SiliwangiSiliwangi, 3(1), 21–37. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p21-37.316
  19. Hartmann, A., Vinke-de Kruijf, J., & van Weesep, R. (2023). Asking the right questions: The role of reflection for learning in and between projects. International Journal of Project Management, 41(5), 102494. https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2023.102494
  20. Haryono, S. E., Muntomimah, S., & Eva, N. (2021). Planting values through character education for early childhood. KnE Social Sciences, 2020(58), 97–108. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8194
  21. Hasanah, A., & Haryadi, H. (2022). Tinjauan kurikulum merdeka belajar dengan model pendidikan abad 21 dalam menghadapi era society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 266–285. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7595
  22. Hidalgo, D. R., & Ortega-Sánchez, D. (2022). Project based learning: A systematic literature review (2015-2022). Human Review. International Humanities Review / Revista Internacional de Humanidades, 11. https://doi.org/10.37467/revhuman.v11.4181
  23. Imroatun, I., Widat, F., Fauziddin, M., Farida, S., Maryam, S., & Zulaiha. (2021). Youtube as a media for strengthining character education in early childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012064
  24. Indrastoeti, J. (2016). Penanaman nilai-nilai karakter melalui implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN), 284–292. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8944/6505
  25. Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
  26. Kane, G. C., Palmer, D., Phillips, A. N., Kiron, D., & Buckley, N. (2016). Aligning the organization for its figital future. MITSloan Management Review, 58180, 1–29. https://doi.org/https://sloanreview.mit.edu/projects/aligning-for-digital-future/
  27. Kemendikbudristek (2021). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Program Sekolah Penggerak.
  28. Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Buku panduan guru capaian pembelajaran elemen nilai agama & budi pekerti. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/ELEMEN-AGAMA-DAN-BUDI-PEKERTI-PAUD.pd
  29. Limbong, D., Khuluqo, I. El, & Istaryatiningtias, I. (2022). He effect of school management and student learning culture on student learning effectivenesst. JKP | Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 4(2), 566–574. https://doi.org/10.22236/jkpuhamka.v4i2.8204
  30. Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 91.
  31. Meilanie, R. S. M. (2017). Pengembangan model pembentukan karakter untuk kemandirian, disiplin dan kejujuran pada anak usia 4-5 tahun. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 281–292. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.07
  32. Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. UI Press.
  33. Miseliunaite, B., Kliziene, I., & Cibulskas, G. (2022). Can holistic education solve the world’s problems: A systematic literature review. Sustainability, 14(15), 9737. https://doi.org/10.3390/su14159737
  34. Moleong, L. (2005). Metode penelitian kualitatif. Remaja.
  35. Nasution, S. W. (2022). Assesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
  36. Ningtyas, R. K. (2021). Konsepsi guru sekolah dasar tentang Profil Pelajar Pancasila [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/70127/
  37. Nugraheni, A. D. (2018). The influence of the digital age on early childhood education based characters. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018), 249, 205–208. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.33
  38. Nugroho, A. (2019). Kode etik dan perilaku, pedoman beretika dan penjaga martabat pegawai. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12856/Kode-Etik-Dan-Perilaku-Pedoman-Beretika-dan-Penjaga-Martabat-Pegawai.html
  39. Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berbasis proyek pada sekolah penggerak kelompok bermain terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
  40. Pahlevi, R. (2022). Ini jumlah anak-anak yang jadi pelaku kekerasan di Indonesia. Databoks Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/29/ini-jumlah-anak-anak-yang-jadi-pelaku-kekerasan-di-indonesia
  41. Pan, A.-J., Lai, C.-F., & Kuo, H.-C. (2023). Investigating the impact of a possibility-thinking integrated project-based learning history course on high school students’ creativity, learning motivation, and history knowledge. Thinking Skills and Creativity, 47, 101214. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101214
  42. Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk menanamkan nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong-royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260
  43. Prameswari, T. W. (2020). Merdeka belajar: Sebuah konsep pembelajaran anak usia dini menuju indonesia emas 2045. Prosding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.
  44. Pupik Dean, C. G., Grossman, P., Enumah, L., Herrmann, Z., & Kavanagh, S. S. (2023). Core practices for project-based learning: Learning from experienced practitioners in the United States. Teaching and Teacher Education, 133, 104275. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104275
  45. Pratomo, I. C., & Herlambang, Y. T. (2021). Urgensi keluarga dalam pendidikan karakter. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7–15. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i1.31206
  46. Pupik Dean, C.G., Grossman, P., Enumah, L., Herrmann, Z., & Kavanagh, S. S. (2023). Core practices for project-based learning: Learning from experienced practitioners in the United States. Teaching and Teacher Education, 133, 104275. doi.org/10.1016/j.tate.2023.104275
  47. Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2020). Media pembelajaran big book berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan karakter toleransi pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90–99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
  48. Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan Indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1395
  49. Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., & Widiastuti, Y. K. W. (2023). Manajemen pembelajaran proyek pada implementasi kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
  50. Rasmani, U.E.E.., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Shofiatin Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Implementasi manajemen pembelajaran proyek berbasis kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 567–578. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265
  51. Rifmasari, Y., Sukandar, W., & Sisrian, E. R. (2022). Implementasi project based learning dalam menanamkan nilai karakter anak usia dini di TK Fadhilah Amal 5 Kota Padang. Jurnal Usia Dini, 8(1), 45–57. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36262
  52. Roopnarine, J. L., & Johnson, J. E. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam berbagai pendekatan (Med. Sari Narulita. Terjemahan). Prenada Media Group.
  53. Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam kurikulum prototype. AS-SABIQUN, 4(1), 115–131. doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683
  54. RSKO Jakarta. (2023). Hari Anak Nasional 2023: Lindungi anak dari bahaya penyalahgunaan NAPZA (narkoba). Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta. https://rsko-jakarta.com/news/view/249
  55. Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
  56. Samrin. (2016). Pendidikan karakter (sebuah pendekatan nilai). Al Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1). doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v9i1.505
  57. Samsu, S. (2017). Metode penelitian: (teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development (Rusmini (ed.)). PUSAKA.
  58. Sanders, K., & Farago, F. (2018). Developmentally appropriate practice in the twenty-first century. In International Handbook of Early Childhood Education (In: Fleer, pp. 1379–1400). Springer, Dordrecht. doi.org/10.1007/978-94-024-0927-7_71
  59. Santika, I.W.E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
  60. Sari, M., Warmansyah, J., Syaiful, L. D., & Utami, W. T. (2022). Environmental care characters in early childhood: The project method effects. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 37–46. doi.org/10.32505/atfaluna.v5i1.4334
  61. Sova, M., Siregar, M. T., Ahmaddien, I., Aprinastuti, C., & Kristia, K. (2022). Learning management and ICT on the learning effectiveness: A literature review from diverse lenses. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1765–1776. doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1571
  62. Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan) (3rd ed.). Alfabeta.
  63. Sukackë, V., Guerra, A. O. P. de C., Ellinger, D., Carlos, V., Petronienë, S., Gaiþiûnienë, L., Blanch, S., Marbà-Tallada, A., & Brose, A. (2022). Towards active evidence-based learning in engineering education: A systematic literature review of PBL, PjBL, and CBL. Sustainability (Switzerland), 14(21). doi.org/10.3390/su142113955
  64. Sukamto, A. (2022). Systematic literature review: Tren penggunaan teknologi dalam penerapan project based learning padapPembelajaran matematika. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 1(1), 97–108. http://journals.eduped.org/index.php/intel
  65. Sulistiyaningsih, S., & Sujarwo, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi/ : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456
  66. Sulistyati, D.M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I.W. (2021). Buku panduan guru Projek Penguatan Profil Pancasila satuan PAUD. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (pertama). Pusat Kurikulum dan Perbukuan BPPP. http://118.98.166.64/bukuteks/assets/uploads/pdf/PAUD PROFIL_PELAJAR_PANCASILA-Rev.pdf
  67. Suryadien, D., Rusmiati, D., & Dewi, A. A. (2022). Rencana implementasi kurikulum prototipe pada masa pandemi covid-19 di Indonesia. Jurnal PGMI Universitas Garut, 1(1), 27–34. https:// journal.uniga.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1754/1146
  68. Suyitno, I. (2013). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–13. doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307
  69. Violeta, B., & Arbërore, B. (2022). Preschool educators’ preparation on child assessment based on relevant instruments according to official documents. International Journal of Instruction, 15(2), 257–276. doi.org/10.29333/iji.2022.15215a
  70. Wahab, R. (2010). Membangun pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Wordpress.
  71. Wahyuningsih, S., Rasmani, U. E. E., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., & Nurjanah, N. E. (2023). Pembelajaran metode proyek Kurikulum Merdeka sebagai strategi pembentukan kemandirian anak. Jurnal Obsesi/ : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4731–4740. doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4785
  72. Widiastuti, S. (2012). Pembelajaran proyek berbasis budaya lokal untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 59–71. doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907
  73. Widiastuti, S., & Cholimah, N. (2023). Berkisah untuk mengembangkan nilai karakter anak usia dini menuju era sosiety 5.0. Jurnal Obsesi/ : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4025–4037. doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4797
  74. Wihlenda, M., Brahm, T., & Habisch, A. (2023). Responsible management education: Social entrepreneurial competences of civically-engaged students. The International Journal of Management Education, 21(1), 100756. doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100756
  75. Yamin, M., Halim, A., & Muhayyang, M. (2023). The implementation steps of project-based learning in english language teaching at islamic boarding school. Celebes Journal of Language Studies, 57–74. doi.org/10.51629/cjls.v3i1.126
  76. Yaqin, M. Z. N. (2021). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia MI sebagai penguat karakter siswa di era 5.0. Prosiding Meningkatkan Profesionalisme Guru di Era Society 5.0, 531.
  77. Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A study of the impact of project-based learning on student learning effects: A meta-analysis study. Frontiers in Psychology, 14. doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728