Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Program Roots Indonesia di DKI Jakarta, faktor-faktor yang menghambat berdasarkan indikator implementasi Van Meter dan Van Horn, dan strategi memaksimalkan hasil implementasi program tersebut. Subjek penelitian adalah enam satuan pendidikan pelaksana Program Roots tahun 2021 dan masih melaksanakan Program Roots pada tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Program Roots di DKI Jakarta belum berjalan optimal. Belum optimalnya pelaksanaan program tersebut dipengaruhi oleh faktor perencanaan program, komitmen satuan pendidikan, regenerasi fasilitator guru, sinergi antara pemerintah daerah dengan pemangku kepentingan lainnya, pengawasan terhadap implementasi program, dan kondisi sosial. Srategi yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan implementasi Program Roots di DKI Jakarta adalah melalui penyesuaian Renstra, meningkatkan keterlibatan para pemangku kepentingan program, sosialisasi fleksibilitas sumber pendanaan, pemanfaatan platform merdeka mengajar bagi fasilitator guru, mengadakan kelas empati, membangun budaya anti kekerasan dengan melibatkan orang tua, menginisiasi gerakan untuk berani menolak perundungan, dan membangun suasana kelas yang inklusif. Kesimpulan, ditinjau dari indikator kinerja kebijakan publik implementasi Program Roots Indonesia belum sepenuhnya berjalan optimal dan diperlukan strategi implementasi sehingga berdampak pada penuntasan kasus perundungan pada satuan pendidikan.
Keywords
Article Details
References
- Angold, A., Erkanli, A., Copeland, W., Goodman, R., Fisher, P., & Costello, E. (2012). Psychiatric diagnostic interviews for children and adolescents: A comparative study. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 51(5), 506–517. doi.org/10.1016/ j.jaac.2012.02.020
- Bagja, K. (2021, July 14). Anggaran Rp2,54 Triliun di Pemprov DKI Dialihkan untuk Tangani Covid 19. Https://Www.Idxchannel.Com/Economics/Anggaran-Rp254-Triliun-Di-Pemprov-DkiDialihkan-Untuk-Tangani Covid-19.
- Borualogo, I.S., Kusdiyati, S., & Wahyudi, H. (2022). Pelajaran yang didapat dari Olweus Bullying Prevention Program dan KiVa: Review Naratif. Buletin Psikologi, 30(1), 1-21. doi.org/10.22146/ buletinpsikologi.64929
- Bowes, L., Aryani, F., Ohan, F., Haryanti, R. H., Winarna, S., Arsianto, Y., Budiyawati, H., Widowati, E., Saraswati, R., Kristianto, Y., Suryani, Y.E., Ulum, D.F., & Minnick, E. (2019). The development and pilot testing of an adolescent bullying intervention in Indonesia – The ROOTS Indonesia program. Global Health Action, 12(1), 1656905. doi.org/10.1080/16549716.2019.1656905
- bt Sani, N., & Idris, A. R. (2018). Implementation of Linus programme based on the model of Van Meter and Van Horn. MOJES: Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 11(2), 25-36
- Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI Jakarta. (2022). Data Statistik Sektoral Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
- Faridah. (2020). Pelatihan penanganan dan pencegahan perundungan bagi Kepala Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Gowa. Jurnal Pengadi, 1(2), 146–152.
- Fauziyah, W.E., & Arif, L. (2021). Model implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn dalam tinjauan pembangunan jalan lingkar selatan (Ring Road) di Kabupaten Tuban. Journal Publicuho, 4(2). doi.org/10.35817/jpu.v4i2.18573
- Fitriani, W., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh kelekatan remaja dengan ibu, ayah, dan teman sebaya terhadap kenakalan remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung.
- Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(3), 206–217. doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.206
- Graf, D., Yanagida, T., & Spiel, C. (2019). Through the magnifying glass: Empathy’s differential role in preventing and promoting traditional and cyberbullying. Computers in Human Behavior, 96, 186–195. doi.org/10.1016/j.chb.2019.02.007
- Hakim, L.N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Jurnal Aspirasi, 4(2), 165–172.
- Halim, C., & Djuwita, R. (2019). Action research: Pemberdayaan Bystander untuk mencegah perundungan di sekolah melalui Program Pelatihan Keterampilan Empati. Jurnal Perkotaan, 10(1), 77–99. doi.org/10.25170/perkotaan.v10i1.302
- Juwita, V. R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara pemaafan dengan kesejahteraan psikologis pada korban perundungan. Jurnal EMPATI, 7(1), 274–282. doi.org/10.14710/empati.2018.20196
- Kamila, Y.N., Laksono, B. A., & Karwati, L. (2022). Peningkatan kepekaan pada korban bullying di lingkungan pendidikan. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 123–127. doi.org/10.37471/ jpm.v7i3.468
- Kemenristekdikbud. (2021, September 29). Sekolah aman, nyaman, dan menyenangkan tanpa perundungan. Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek.
- Kemenristekdikbud. (2021). Materi Program Roots Pertemuan 15: Evaluasi dan Keberlanjutan Roots. Pusat Penguatan Karakter, Kemendikbudristek.
- Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
- Kemendikbudristek. (2023a). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.
- Kemendikbudristek. (2023b). Urgensi PPSKP. Pusat Penguatan Karakter, Kemendikbudristek
- Kemendikbudristek. (2023c, August). Merdeka Belajar: Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.
- KemenPPPA. (2022). Simfoni-PPA. Https://Kekerasan.Kemenpppa.Go.Id/Ringkasan.
- KemenPPPA. (2023). SIMFONI-PPA. Https://Kekerasan.Kemenpppa.Go.Id/Ringkasan
- Keysinaya, E.Y., & Nuraeni. (2022). Peran UNICEF Indonesia Menangani Perundungan di Sekolah Melalui Program Roots. Jurnal Sosial Politik, 8(2), 207–224. doi.org/10.22219/ jurnalsospol.v8i2.22258.
- Lee, J., Cheung, H. S., Chee, G., & Chai, V. E. (2021). The Moderating Roles of Empathy and Attachment on the Association Between Latent Class Typologies of Bullying Involvement and Depressive and Anxiety Symptoms in Singapore. School Mental Health, 13(3), 518–534. doi.org/10.1007/s12310-021-09411-3.
- Lestari, W. S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 3(2), 147–157. doi.org/10.15408/sd.v3i2.4385
- Maria, R., & Hadiyanto, H. (2021). Urgensi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Pengembangan dan Mutu Pendidikan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2012–2024. doi.org/ 10.31004/edukatif.v3i5.742
- Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health & Medicine, 22(sup1), 240–253. doi.org/10.1080/ 13548506.2017.1279740
- Mubarok, S., Zauhar, S., Setyowati, E., & Suryadi, S. (2020). Policy implementation analysis: Exploration of George Edward III, Marilee S Grindle, and Mazmanian and Sabatier Theories in the Policy Analysis Triangle Framework. Journal of Public Administration Studies, 005(01), 33–38. doi.org/10.21776/ub.jpas.2020.005.01.7
- National Centre Againts Bullying. (2017, February 18). Types of Bullying. Https://Www.Ncab.Org.Au/Bullying-Advice/Bullying-for-Parents/Types-of-Bullying/.
- Nursasari, N. (2017). Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Tenggarong. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 5(2). doi.org/10.21093/sy.v5i2.926
- OECD. (2019). Result From PISA 2018.
- Olin, Y.K., Kase, P., & Toda, H. (2021). The role of traditional institutions in implementing the empowerment policy of Oetulu village, Musi district, Timor Tengah Utara regency. Journal of Governance and Accountability Studies, 1(2), 145–161. doi.org/10.35912/jgas.v1i2.305
- Palade, T., & Pascal, E. (2023). Reducing Bullying through Empathy Training: The Effect of Teacher’s Passive Presence. Behavioral Sciences, 13(3), 216. doi.org/10.3390/bs13030216
- Paluck, E. L., Shepherd, H., & Aronow, P. M. (2016). Changing climates of conflict: A social network experiment in 56 schools. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(3), 566–571.doi.org/10.1073/pnas.1514483113
- Pramono, J. (2022). Kajian Kebijakan Publik: Analisis Implementasi dan Evaluasinya di Indonesia. UNISRI Press.
- Purba, N.S.P., & Septiyan. (2023). The overview of bullying behavior in adolescents. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(4).
- Pusat Penguatan Karakter. (2021a). Bersama, Kita Hentikan Perundungan! Https:// Cerdasberkarakter.Kemdikbud.Go.Id/Merdekadariperundungan/.
- Pusat Penguatan Karakter. (2021b). Profil Pelajar Pancasila. Https:// Cerdasberkarakter.Kemdikbud.Go.Id/Profil-Pelajar-Pancasila/
- Pusat Penguatan Karakter. (2023). Survei Keberlanjutan Program Roots Angkatan 2021 di Tahun 2022.
- Ramadan, F., Wardhani, A. C., & Malta, M. (2023). Implementation Of Public Service Policies At The Department Of Investment And Integrated One Door Service at Pringsewu Regency. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, 2(2), 173–188. doi.org/10.54099/ aijms.v2i2.471
- Rolifola CH, & Fitriyani K. (2023). Implementation of the Van Meter and Van Horn Zoning System Policies Model. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(4). doi.org/10.55227/ijhess.v2i4.373
- Sailendra, & Annie. (2015). Langkah-langkah praktis membuat SOP (Standard Operating Procedures). Trans Idea Publishing.
- Septyari, N.M., Adiputra, I.M.S., & Devhy, N.L.P. (2022). Tingkat stres dan mekanisme koping mahasiswa dalam penyusunan skripsi pada masa pandemi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 14. doi.org/10.36565/jab.v11i1.403
- Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (A. Mujahidin,Ed.). CV Nata Karya.
- Sittichai, R., & Smith, P.K. (2015). Bullying in South-East Asian Countries: A review. Aggression and Violent Behavior, 23, 22–35. doi.org/10.1016/j.avb.2015.06.002
- Sun, R., Vuillier, L., Hui, B.P.H., & Kogan, A. (2019). Caring helps: Trait empathy is related to better coping strategies and differs in the poor versus the rich. PLOS ONE, 14(3), e0213142. doi.org/10.1371/journal.pone.0213142
- Syahruddin. (2019). Implementasi Kebijakan Publik: Vol. II. Nusa Media.
- Takizawa, R., Maughan, B., & Arseneault, L. (2014). Adult health outcomes of childhood bullying victimization: Evidence from a five-decade longitudinal British Birth Cohort. American Journal of Psychiatry, 777–784.
- Tresiana, N., & Duadji, N. (2021). Implementasi kebijakan publik. Suluh Media.
- Tuti, R. W., Murod, M., El Adawiyah, S., & Patrianti, T. (2020). An analysis of the implementation of large-scale social restrictions (PSBB) in Special Capital Region of Jakarta. Proceedings of the International Conference on Community Development (ICCD 2020). doi.org/10.2991/ assehr.k.201017.136
- UNICEF. (2017a). Bullying In Indonesia: Key Facts, Solutions, and Recommendations.
- UNICEF. (2017b). Pencegahan perundungan (Bullying) di SMP, SMA, dan SMK panduan untuk fasilitator. UNICEF.
- UNICEF. (2018a). Evaluation of The Roots Indonesia Peer Violence and Bullying Prevention Pilot South Sulawesi and Central Java.
- UNICEF. (2018b, June). Bullying: A global challenge requires a global measure. Https://Www.Unicef
- Irc.Org/Article/1867-Bullying-a-Global-Challenge-Requires-a-Global-Measure.Html.
- UNICEF. (2021, June 1). World health assembly resolution urges for accelerated action towards ending violence against children. Https://Www.End-Violence.Org/Articles/World-Health Assembly-Resolution-Urges-Accelerated-Action-towards-Ending-Violence-Against.
- Wijayanti, P., & Jannah, L.M. (2019). Implementasi kebijakan manfaat jaminan hari tua di Indonesia JPSI (Journal of Public Sector Innovations).
- Wolke, D., Copeland, W.E., Angold, A., & Costello, E.J. (n.d.). Impact of bullying in childhood on adult health, wealth, crime and social outcomes. doi.org/10.1177/0956797613481608