Boettcher, J. V., & Conrad, R. M. 2011. The Online Teaching Survival Guide: Simple and Practical Pedagogical Tips (2ed.). San Francisco: Jossey Bass.
Budiyasa, I.M. 2013. Pengembangan Bahan Ajar dan Assessment Alternatif Online Mata Pelajaran IPA Tingkat SMP Kelas 8 dengan model Dick and Carey. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1-12).
Cercone, K. 2008. Characteristics of Adult Learners with Implications for Online Learning Design, Advancement of Computing in Education (AACE) Journal, 16(2), 137-159.
Darmayanti, T. 2008. Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning dan Keteladanan dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 9(2), 68-82.
Darmayanti, T. 2011. Studi Jangka Panjang Tentang Efektivitas Intervensi Psikologis Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 12(1), 1-18.
Fatchurrochman, R. 2011. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin, dan Perencanaan Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. INVOTEC, 7(2) 175 â€"188.
Hannay, M. & Newvine, T. 2006. Perceptions of Distance Learning: A Comparison of Online and Traditional Learning. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 2(1), 1-11.
Huang, Y.F. 2006. E-portfolios Impact Preservice Teachers’ Self-Directed Learning Readiness (SDLR) and Computer Technology Skills (CTS). Tesis. USA: The University of Missouri - St. Louis.
Inayah, R. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 2(1), 1-12.
Jarvis, P. 2012. Adult Learning in the Social Context. Canada: Roultledge Library Edition in Education.
Jarvis, P. 2005. International Dictionary of Adult and Continuing Education. London: Kogan Page Limited.
Julaeha. Angket Strategi dan Gaya Belajar. http://mahasiswa.ut.ac.id/Kuis-Belajar, diakses 27 Juli 2016.
Kanwar, S. 2013. Book Review: The Online Teaching Survival Guide: Simple and Practical Pedagogical Tips. Journal of Teaching and Learning with Technology, 2(1), 77â€"80.
Kiswanto, H. 2015. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Konsep Belajar Mandiri Dengan Tugas Terstruktur pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif (TDO) (PTK Pada Peserta Didik Kelas X TKR 1 SMK KOSGORO 1 SRAGEN Tahun Pelajaran 2014/2015). Thesis, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Knowles, M.S, Holton, E.F., & Swanson, R.A. 2015. The Adult Learners: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (8rd ed). London: Routladge Taylor & Francis Group.
Kusmawan, U. 2015. Pengembangan Prototype Matakuliah Kesiapan Belajar Mandiri pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh. Laporan Penelitian. Universitas Terbuka: Arsip LPPM-UT.
Mbwesa, J.K. 2014. Transactional Distance as a Predictor of Perceived Learner Satisfaction in Distance Learning Courses: A Case Study of Bachelor of Education Arts Program, University of Nairobi, Kenya. Journal of Education and Training Studies, 2(2), 176-188.
Meiriyati, E. 2011. Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Tesis. Lampung: FKIP Universitas Lampung
Monroe, K.S. 2016. The Relationship Between Assessment Methods and Self-Directed Learning Readiness in Medical Education. International Journal of Medical Education, 7,75-80.
Moore, M. G., & Kearsley, G. 2011. Distance Education: A Systems View of Online Learning (3rd ed). Belmont, Calilfornia: Wadsworth Publishing Company.
Nugraheni, E. & Pangaribuan N. 2006. Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mandiri Mahasiswa Jarak Jauh: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(1), 68-82.
Putra, A.D., dkk,. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 1-10.
Saptawulan, A. 2012. Belajar Biologi yang Menyenangkan dengan Permainan Kuartet dan Pemantapan Konsep Secara Mandiri melalui Blog. Jurnal Pendidikan Penabur, 18(1), 28-35.
Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Simonson, M. & Smaldino, S. 2013. Teaching and Learning at a Distance. Boston: Allyn & Bacon Smith, K.Y. 2006. Early Attrition among First Time eLearners: A Review of Factors that Contribute to Drop-out, Withdrawal and Non-completion Rates of Adult Learners undertaking eLearning Programmes. MERLOT Journal of Online Learning and Teachin,. 2(2), 73-85.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, A., & Zuhairi, A. 2004. Pendidikan jarak jauh: Teori dan praktek. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Swan, K. 2016. The Community of Inquiry Framework, Blended Learning, and the i2Flex Classroom Model (Chapter 2). Dalam Avgerinou, M.D. & Gialamas, S.P. Revolutionizing K-12 Blended Learning through the i²Flex Classroom Model. Hershey, USA: IGI Global.
Universitas Terbuka. 2016. UT dalam Angka. http://www.ut.ac.id/ut-dalam-angka, diakses 26 Juli 2016.
Wardhani, D.R. 2016. Pengembangan Mobile Pocketbook Berbasis Android Sebagai Alternatif Media Belajar Mandiri Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Thesis, Surakarta:Universitas Sebelas Maret.