Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMA Negeri 4 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 4 Kendari Sulawesi Tenggara. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Multi Stage Random Sampling sebanyak 56 orang siswa. Data penelitian ini meliputi data keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa (Y) dan motivasi belajar bahasa Inggris (X). Instrumen penelitian dikembangkan dengan cara menyusun kisi-kisi yang diturunkan dari kerangka teoritis variabel penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur (ANAVA 2x2) yang dilanjutkan dengan uji Tukey (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris tinggi, penggunaan metode pembelajaran Community Language Learning (CLL) memberikan pengaruh lebih baik terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris dibandingkan dengan metode pembelajaran Audiolingual (AL) yang dibuktikan dengan harga Qhitung=96,45>Qtabel=3,09 pada taraf signifikansi (a=0,05) dan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris rendah, penggunaan metode pembelajaran Community Language LEarning (CLL) memberikan pengaruh yang baik terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran Audiolingual (AL) yang dibuktikan dengan harga Qhitung=16,29>Qtabel=3,09 pada taraf signifikansi (a=0,05).

Article Details

How to Cite
Pelenkahu, N. (2007). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(68), 827-847. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i68.404

References

  1. Anderson, Lorin W. 1989. The Effective Teacher. New York: McGraw-Hill.
  2. Brown, H. Douglas. 200 I. Teaching by Principles: An Interactive approach to Language Pedagogy. San Fransisco: San Fransisco State University.
  3. Cunningsworth, Alan. 1987. Evaluating and Selecting EFL Teaching Mate­rials. London: Hainemann Educational Books.
  4. Djunaidi, Achmad. 1990. Sumbangan Linguistik dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia: Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Jakarta 15 Desember 1990. Jakarta: IKIP Jakarta.
  5. Els, Theo Van, Theo Bongaerts, Guus Extra, Charles van Os, dan Anne Mieke Janssen-van Dieten. 1984. Applied Linguistics and the Learning and Teaching of Foreign Languages. London: A Division of Hodder & Stoughton.
  6. Freeman, Diane Larsen. 1986. Techniques and Principles in Language Teach­ing. Oxford:Oxford University Press.
  7. Spence, Gerry.2001. Seni Berargumentasi dan Menang Setiap Saat. Jakarta: Gramedia.
  8. Hadley, Alice Amaggio. 1993. Teaching Language in Context. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
  9. Harmer, Jeremy. 2002. How to Teach English: An Introduction to the Practice of English Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
  10. Lado, Robert, Teaching English Across Cultures: An Introduction for Teach­ers of English to Speakers of Other Languages. New York: McGraw Hill, 1988.
  11. Lightbown, Patsy M. dan Nina Spada. 1993. How Languages are Learned. Oxford: Oxford University Press.
  12. McKay, Sandra Lee dan Nancy H. Hornberger. 1996. Sociolinguistics and Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
  13. Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
  14. Richards, Jack C. dan Thodore S. Rodgers. 1986. Approaches and Methodes in Language Teaching: A Description and Analysis. London: Cambridge University Press.
  15. ------. 2001. Approaches and Methods in Language Teaching, Second Edition. Cambridge: Cambridge University Press.
  16. Rivers, Wilga M. 1968. Teaching Foreign-Language Skills. Chicago: The University of Chicago.
  17. Smith, Frank. 1975. Comprehension and Learning: A Conceptual Frame­ work for Teachers. New York: Holt, Rinehart and Winston.
  18. Underhill, R. E. 1988. Language Development: An Introduction. Columbus: Merril Publishing Company.
  19. Yamin, Martinis. 2004. Strategi pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.