Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan empirik tentang sikap mahasiswa terhadap sistem pengajaran Paket Belajar (PB) dalam mata kuliah Psikologi Sosial 1. Di samping itu untuk mengetahui perbedaan sikap mahasiswa antar kelas dalam mata kuliah yang sama. Teori yang dipergunakan adalah teori tentang sikap dan teori sistem pengajaran PB. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survei dengan teknik dokumentasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Analisis data mempergunakan statistik, dengan teknik Chi Kuadrat (X2). Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa : 1). Tidak ada perbedaan sikap mahasiswa di antara kelompok kelas terhadap PB, dan 2). Sikap mahasiswa cenderung menyetujui sistem PB hampir optimal.
Article Details
How to Cite
Yasun, H. (2007). SIKAP MAHASISWA TERHADAP SISTEM PAKET PENGAJARAN BELAJAR MATA KULIAH PSIKOLOGI SOSIAL I PADA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SYARIFHIDAYATULLAH JAKARTA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(68), 794-808. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i68.401
References
- Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi V. Jakarta: Reneka Cipta.
- Gerungan, W.A. 2002. Psikologi Sosial. RefikaAditama, Bandung. Joni, T. Raka, 1984. Pengembangan Paket Belajar. P2LPTK. Depdikbud, Jakarta.
- Krech, David, Crutchfield, and Balla Chey, 1962. Individual in Society. MC. Graw Hill Book Company. Inc. Kogakuska.
- Newcomb, T. 1965. Social Psychology. Holt Rinehart and Windston. Inc. New York.
- Ndraha, Taliziduhu, 1987. Disain Riset dan Teknik Karya Ilmiah. BinaAksara, Jakarta.
- Rokeach, M. 1968. Beliefs, Attitude, and Values. A Theory of Organization and Change. Jossey - Bass. Inc. Publisher, San Fransisco.
- Suryabrata, Sumadi. 1983. Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
- Walgito, Bimo. 2001. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Penerbit Andi : Yogyakarta.