Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran, tingkat kemampuan motorik, dan interaksi antara dua variabel terhadap hasil belajar keterampilan bola basket. Penelitian ini dilaksanakan terhadap mahasiswa semester pertama angkatan 2002/2003, Jurusan Pendidikan Jasmanai, Kesehatan dan Rekresi, FIK Universitas Negeri Medan. Penelitian berlangsung selama tiga bulan yaitu mulai September sampai dengan November tahun 2002. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, jumlah sampel seluruhnya 40 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa" (1) hasil belajar keterampilan bola basket dengan metode pembelajarn bagian, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran keseluruhan lebih baik dari metode pembelajaran bagian bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi, dan (4) hasil belajar keterampilan bola basket yang diajar dengan metode pembelajaran keseluruhan maupun metode pembelajaran bagian tidak memberikan pengaruh yang signifikan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan motorik rendah.

Article Details

How to Cite
Razali, R. (2007). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLA BASKET. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(67), 625-647. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i67.388

References

  1. Barrow, Harold M. and McGee, Rosemary. 1979. A Practical Approach to Measurement in Physical Education. Philadelphia: Lea & Fibiger.
  2. Brittenham, Greg. 1996. Bola basket: Panduan Lengkap. Terjemahan Bagus Pribadi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  3. Burton, Allen W. and Miller, Daryl E. 1998. Movement Skill Assessment. USA: Human Kinetics.
  4. Cholik Mutohir, Toho dan Lutan, Rusli. 1996. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: BP3GSD Ditjen Dikti Depdikbud.
  5. Christina, Robert W. and Corcos, Daniel M. 1988. Coaches Guide to Teaching Sport Skills. Champaign, Illinois: Human Kinetics Books.
  6. Clarke, H. Harrison and Clarke, David H. 1987. Application of Measurement to Physical Education. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
  7. Deitt, R.T and Dugan, Ken. 1986. Teaching Individual and Team Sport.New Jersey: Prentice Hall, Inc.
  8. Ferguson, George A. and Takane, Yoshio. 1989. Statistical Analysis in Psychology and Education. New York: McGraw-Hill-Book Company.
  9. FIBA. 2004. Official Basketball Rulles. Paris, Prancis: FIBA.
  10. Fuoss, Donald. E. and Troppmann, Robert J. 1981. Effective Coaching A Psychologycal Approach. New York: John Wiley and Sons, Inc.
  11. Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
  12. Kirkendall, Don R., Gruber, Joseph J. and Robert E. Johnson. 1980. Measure­ment and Evaluation for Physical Educators. Dubuque: Wm. C. Brown Company Publisher.
  13. Lambert, Alan. 2000. Teaching the Passing Game: Transferable Offensive Skill. http://www.bbhighway.com/Talk/Coaching Box/Clinics/PGameintro. asp. Diakses 14 September 2000.
  14. Legasi. 2000. http://www.ken-lindsay.com/drib-ble.htrn.
  15. Lutan, Rusli. 1988. Be/ajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori d.
  16. Metode. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga
  17. Kepen-didikan Ditjen Dikti Dep-dikbud,
  18. Magill, Richard A. 1985. Motor Learning Concepts and Applications. Io
  19. W.C. Brown Pu-blishers.
  20. Oxendine, Joseph B. 1984. Psychology of Motor Learning. New Jersey
  21. Prentice Hall Inc.
  22. Phillips, D. Allen and J. Hornak E. 1979. Measurement and Evaluation ·
  23. Physical Education. New York: John Wiley & Sons, Inc.
  24. Piskurich, George M. 2000. Rapid Instructional Design: Lear-ning ID Fas:
  25. and Right. San Francisco: Jossey-Bass/ Preiffer.
  26. Rahantoknam, B Edward. 1988. Be/ajar Motorik Teori dan Apli-kasinya:
  27. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenag
  28. Kepen-didikan Ditjen Dikti Dep-dikbud.
  29. Rink, Judith E. 2002. Teaching Phy-sical Education for Learning. Boston.
  30. McGraw-Hill.
  31. Schimidt, Richard A. Motor Control and Learning: A Behavior Emphasis:
  32. Champaign: Human Kineticks Publishers. 1988
  33. Singer, Robert N. 1980. Motor Learning and Human Performance
  34. Aplication to Motor Skills and Movement Behaviors. New York:
  35. MaCmillan Publishing Co. Inc.
  36. Sudjana. 1994. Desain dan Analisis Eksperimen. Bandung: Tarsito.
  37. ___ .2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1992
  38. Sugiyanto. 2003. Dasar-dasar Belajar Gerak. Jakarta: Depdik-nas, Direktorar
  39. Tenaga Pendidikan.
  40. Verducci, Frank M. 1980. Measurement Consepts in Physical in Physictu Education. Toronto: The C.V. Mosby Company.
  41. Wall, Jennifer and Murray, Nancy. 1994. Children and Movement Physic
  42. Education in the Elemantary School. Iowa: WCB. Brown & Bench-
  43. mark.
  44. Website: The Coach's Store. Dribbling. 2000. http://www.ken-lindsay. corn/
  45. dribble.htm. Diakses 20 Agustus 2000.
  46. Website: The International Society for Gestalt Theory and its Applications
  47. 2000.http://www.enabling.org/ia/gestalt/gerhards/gtaxl.htinl. Diakses
  48. 29 Agustus 2000.
  49. Wissel, Hal. 1994. Basketball: Step to Succes. Canada: Human Kinetics Pub­
  50. lisher, Inc.
  51. Zumerchik, John. 1997. Encyclopedia of Sport Science. New York: MaCmillan
  52. Library Reference. (http://www. enabling. org/ia/gestalt/gerhards/ gtaxl.html). 2000.