Main Article Content

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berbasis proyek. Jenis metode penelitian ialah kualitatif dengan pendekatan multi situs. Sumber data penelitian ini ialah guru dan kepala sekolah Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Kelompok Bermain Ar-Rasyid Banda. Jenis data penelitian ini ialah teks refleksi guru, tuturan verbal, dan foto dokumentasi kegiatan. Instrumen penelitian inimenggunakan panduan observasi, panduan dokumentasi, dan format interviu. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, analisis dokumen, dan interviu. Hasil riset ini disimpulkan bahwa tahap implementasi pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan di Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Kelompok Bermain Ar-Rasyid Banda meliputi tiga tahap, yaitu tahap permulaan, tahap pengembangan, dan tahap penyimpulan. Perbedaan utama tahap implementasi berbasis proyek terletak pada tahap permulaan yang diterapkan. Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah memetakan minat anak berdasarkan hasil pengamatan bersama anak, sedangkan Kelompok Bermain Ar-Rasyid Banda dalam memetakan minat anak melibatkan orang tua anak. Selain itu, dalam penyusunan perangkat ajar Kelompok Bermain Ar-Rasyid Banda kembali melibatkan guru, orang tua, dan komunitas belajar, seperti forum guru Pendidikan Anak Usia Dini di Maluku Tengah yang diikuti. Namun, Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dalam penyusunan perangkat ajar hanya melibatkan guru pada saat melakukan refleksi setiap hari atau setiap minggu.

Keywords

Kurikulum Merdeka Merdeka Belajar pembelajaran berbasis proyek pendidikan anak usia dini

Article Details

How to Cite
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17 -34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769

References

  1. Ahmad, D.N.F., Fadilah, A.A., Ningtyas, D.C., & Putri, S.N. (2021). Merdeka belajar dalam perspektif hukum Indonesia. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 2(1), 66. doi.org/10.31000/ijlp.v2i1.4452
  2. Ainia, D.K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
  3. Albaburrahim, A. (2021). Pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Indonesia di pasca pandemi pada Madrasah Aliyah An-Najah I Karduluk, Sumenep. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 130–141. doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5425
  4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020) Kajian pengembangan profil pelajar pancasila edisi 1. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Jakarta.
  5. Anita, A., & Astuti, S.I. (2022). Digitalisasi dan ketimpangan pendidikan: studi kasus terhadap guru sekolah dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1–12. doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509
  6. Barak, M., & Yuan, S. (2021). A cultural perspective to project-based learning and the cultivation of innovative thinking. Thinking Skills and Creativity, 39, 100766. doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100766
  7. Baran, M., Karakoyun, F., & Maskan, A. (2021). He influence of project-based STEM (PjBL-STEM) applications on the development of 21st-CenturySkills. Turkish Journal of Science Education, 4. doi.org/10.36681/tused.2021.104
  8. Beier, M.E., Kim, M.H., Saterbak, A., Leautaud, V., Bishnoi, S., & Gilberto, J.M. (2019). The effect of authentic project‐based learning on attitudes and career aspirations in STEM. Journal of Research in Science Teaching, 56(1), 3–23. doi.org/10.1002/tea.21465
  9. Cifrian, E., Andrés, A., Galán, B., & Viguri, J.R. (2020). Integration of different assessment approaches: Application to a project-based learning engineering course. Education for Chemical Engineers, 31, 62–75. doi.org/10.1016/j.ece.2020.04.006
  10. Daga, A.T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
  11. Festiyed, F., Mikhayla, M.E., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman guru Biologi SMA di sekolah penggerak DKI Jakarta terhadap pendekatan etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 152–163. doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993
  12. Guo, P., Saab, N., Post, L.S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586. doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
  13. Handrianto, C., & Rahman, M.A. (2018). Project based learning: A review of literature on its outcomes and implementation issues.
  14. Hariyanto, A. (2015). Efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 221–242. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.188
  15. Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S.D., Pratiwi, H.Y., & Ayu, H.D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
  16. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). Buku saku tanya jawab kurikulum merdeka. Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta.
  17. Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. doi.org/10.1177/1365480216659733
  18. MacLeod, M., & van der Veen, J.T. (2020). Scaffolding interdisciplinary project-based learning: A case study. European Journal of Engineering Education, 45(3), 363–377. doi.org/10.1080/03043797.2019.1646210
  19. Miles, M.B., Huberman, A.M., Rohidi, T.R., dan Mulyarto. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode metode baru / Matthew B. Miles, A. Michael Huberman; penerjemah Tjetjep Rohendi ; pendamping Mulyarto. Jakarta: Universitas Indonesia (UI -Press),.
  20. Nafisa, N.N., Kanzunnudin, M., & Roysa, M. (2021). Nilai-nilai pendidikan dalam novel cinta suci zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 111–124. doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3705
  21. Nugraha, T.S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.
  22. Ramdhani, I. S. (2020). Disrupsi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Merdeka Belajar Di Era Kenormalan Baru. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 17-28. doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.17-28
  23. Rosdiana. (2022). Penerapan dunia pendidikan dalam “Merdeka Belajar". Jurnal Multidisiplin Ilmu Cahaya Bintang Cemerlang, (39-46). doi.org/10.31219/osf.io/8be25
  24. Rozal, E., Ananda, R., Zb, A., Fauziddin, M., dan Sulman, F. (2021). The effect of project-based learning through youtube presentations on english learning outcomes in physics. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1924–1933. doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1241
  25. Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249. doi.org/10.22146/jkn.67613
  26. Salehudin, M., Sarimin, D. S., Steven, R. H., Yunus, M., & Safiah, I. (2020). Using Instagram to Support Creative Learning and Project Based Learning. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4366-4876
  27. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kemendikbudristek.
  28. Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8-19 doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897
  29. Sulistyati, D.M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I.W. (2021). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek
  30. Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, S., & Wike, W. (2020). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 625–630. doi.org/10.33258/birle.v3i1.860
  31. Wu, T.-T., & Wu, Y.-T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits. Thinking Skills and Creativity, 35, 100631. doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100631
  32. Wurianto, A.B. (2022). Merdeka belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebagai manifestasi dan reaktualisasi liberal arts. Prosiding Samasta, 20–24. Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia.
  33. Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126-136. doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
  34. Yarsama, K. (2022). Urgensi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Abad Ke-21. Mahadewa University