Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan minat terhadap profesi guru dan motivasi berprestasi dengan keterampilan mengajar. Hasil Penelitian menunjukkan 1)Minat terhadap profesi guru mahasiswa semester VIII jurusan Pendidikan matematika termasuk kategori tinggi, 2) Motivasi berprestasi mahasiswa semester VIII jurusan Pendidikan Matemtika termasuk kategori tinggi, 3) Keterampilan mengajar mahasiswa semester VIII jurusan Pendidikan Matematika termasuk baik, 4) Minat terhadap profesi guru memiliki hubungan positif dengan keterampilan mengajar, 5) Motivasi berprestasi memiliki hubungan yang positif dengan keterampilan mengajar dan 6) Minat terhadap pofesi guru dan Motiovasi berprestasi secara bersama-sama memi/iki hubungan positif dengan keterampilan mengajar. Untuk meningkatkan minat terhadap profesi guru dan motivasi berprestasi serta keterampilan mengajar para mahasisw a dalam pembelajaran PPL dan Ilmu Pembelajaran lainnya perlu diberikan pengalaman mengajar yang bermakna melalui pilihan strategi pembelajaran dan pemilihan me­dia pembelajaran yang tepat.

Keywords

minat terhadap profesi guru motivasi berprestasi dan keterampilan mengajar

Article Details

How to Cite
Hidayat, H. S. (2016). Hubungan Minat Terhadap Profesi Guru dan Motivasi Berprestasi dengan Keterampilan Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(75), 1140-1154. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i75.375

References

  1. Aiken, Lewis R.1983. Psychological Testing and Assesment. Boston : Allyn and Bacon Inc.
  2. Atkinson. 1964. Motivation in Fantasy, Action and Society. New Jersey: D. Van Narst and Company. Inc.
  3. Beller & Charles. 1 ?71. The Psychology Of Human Growth And Development. New York: Holt Rineharta and Winston.
  4. Davidof, Linda L. 1987. Instructional to Psychology. Toronto:McGraw-Hill Book Company
  5. Ditjen Didkdasmen Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru Pendidikan Menengah.Jakarta: Ditjen Dikdasmen
  6. Gibson JL, JM. Ivancevich dan JH. Donelly. 1993. Organisasi (Terj: Djarkasih) Jakarta: Erlanga
  7. Hilgard, Ernest. 1983. Introduction to Psychology, New York: Harcoust B.
  8. Javanovic.
  9. lrawan Prasetya, Suciati dan Wardani. 1994. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: PAU, Ditjen Dikti, Depdikbud Jackson. 1973. Psychological Sit-Help. http://mentalhelp.net/psyhelplchap4/
  10. htm. New York
  11. McClelland. 1975. The Achievement Motive. New York: Irvington
  12. ----, 1961. The Achieving Society. Princeton: NJD. Van Nostrand Com­
  13. pany.
  14. Richard Clark, Calvin Bovy. 1981. Cognitive Prescriptive Theory and Psychoeducational Design, : California: University of Southern Califor­
  15. nia.
  16. Sahertian Piet A. 1994. Profit Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset
  17. Sardiman AM. 1996. Interaksi dan Motivasi Be/ajar Mengajar. Jakarta :
  18. Grafindo Persada.
  19. Sukardi, Dewa Ketut. 1994. Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Jakarta : Ghalia Indonesia
  20. Soekamto Toeti.1993. Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Ditjen Dikti
  21. Sumantri Mohamad Syarif. 2007. Pengaruh Umpan Batik dan Minat Proses Guru Terhadap Kemampuan Melaksanakan Prosedur Pembelajaran Mahasiswa PGSD. (Disertasi PPs UNJ: tidak diterbitan) ,
  22. Supriadi Dedi. 1998. Mengangkat Cita dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.
  23. Sutjipto dan Raflis Kosasi. 2003. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
  24. Toha Miftah.1990. Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali
  25. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Semarang: Duta Nusindo
  26. Wahyosamidjo. 1987. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Graha Indonesia