Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Aktion Research) yang bertujuan meningkatkan penguasaan rumus matematika melalui pemberian soal latihan bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri I Makassar dengan subjek penelitian Kelas JJ-7 dengan jumlah siswa sebanyak 48 orang (20 orang siswa laki-laki dan 28 orang siswa perempuan). Penelitian berlangsung selama dua siklus dengan masing-masing siklus selama 4 kali pertemuan. Hasil-hasil yang diperoleh melalui penelitian ini adalah a) pada siklus pertama, secara klasikal terlihat bahwa skor rata-rata siswa adalah 6,96 atau berada dalam kategori tinggi, b) Pada siklus kedua, secara klasikal terlihat bahwa skor rata-rata siswa adalah 7,21 atau berada dalam kategori tinggi, c)terdapat peningkatan penguasaan rumus matematika siswa setelah dilakukan pemberian soal-soal latihan bervariasi, dl terjadi peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses belajar-mengajar matematika, yang tercermin dari jumlah Siswa yang siap mengerjakan soal di papan tulis yang cenderung meningkat dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya.

Keywords

penguasaan rumus matematika soal bervariasi

Article Details

How to Cite
Nurdin, N. (2016). Peningkatan Penguasaan Rumus Matematika Melalui Pemberian Latihan Soal Bervariasi Pada Siswa Kelas 11-7 SMU Negeri 1 Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(75), 1028-1046. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i75.370

References

  1. Begle, E.G. 1975. Critical Variables in Mathematics Education, USA.
  2. Bell, F.H. 1981.Teaching and Learning Mathematics (In Secundary School), M. W.C Brown, Iowa USA.
  3. Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-Teori Be/ajar. Jakarta: Erlangga
  4. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
  5. Gagne, Robert M. 1983. The Conditional of Learning. Third Edition. Japan: Holt Saunders International Editions.
  6. Hudoyo, Herman, 1990. Straregi Mengajar Belajar Matematika, Malang: Penerbit IKIP Malang.
  7. Kemmis, S. & Carr, W. 1990. Becoming Critical: Education, Knowledge and Action Research. Melbourne: Deakin University.
  8. Muhammad Darwis. 1994. Hubungan Persepsi terhadap Efektivitas Pengajaran Dosen, Sikap terhadap Kalkulus, dan Penguasaan Logika
  9. Elementer Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Kalkulus pada FPMIPA /KJP Ujungpandang, Tesis Magister, Malang: PPs Unesa di Malang.
  10. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. (Edisi
  11. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Tambunan, G; & Murtadho, S. 1987. Materi Pokok Pengajaran Matematika, Modul 1-6, Penerbit Kumia Jakarta.
  13. Tiro, Muhammad Arif, 1984, Cara yang Efektif untuk Mempelajari
  14. Matematika, Makalah Seminar, Malang: Pascasarjana IKIP Malang.