Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Aktion Research) yang bertujuan meningkatkan penguasaan rumus matematika melalui pemberian soal latihan bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri I Makassar dengan subjek penelitian Kelas JJ-7 dengan jumlah siswa sebanyak 48 orang (20 orang siswa laki-laki dan 28 orang siswa perempuan). Penelitian berlangsung selama dua siklus dengan masing-masing siklus selama 4 kali pertemuan. Hasil-hasil yang diperoleh melalui penelitian ini adalah a) pada siklus pertama, secara klasikal terlihat bahwa skor rata-rata siswa adalah 6,96 atau berada dalam kategori tinggi, b) Pada siklus kedua, secara klasikal terlihat bahwa skor rata-rata siswa adalah 7,21 atau berada dalam kategori tinggi, c)terdapat peningkatan penguasaan rumus matematika siswa setelah dilakukan pemberian soal-soal latihan bervariasi, dl terjadi peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses belajar-mengajar matematika, yang tercermin dari jumlah Siswa yang siap mengerjakan soal di papan tulis yang cenderung meningkat dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya.
Keywords
Article Details
References
- Begle, E.G. 1975. Critical Variables in Mathematics Education, USA.
- Bell, F.H. 1981.Teaching and Learning Mathematics (In Secundary School), M. W.C Brown, Iowa USA.
- Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-Teori Be/ajar. Jakarta: Erlangga
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
- Gagne, Robert M. 1983. The Conditional of Learning. Third Edition. Japan: Holt Saunders International Editions.
- Hudoyo, Herman, 1990. Straregi Mengajar Belajar Matematika, Malang: Penerbit IKIP Malang.
- Kemmis, S. & Carr, W. 1990. Becoming Critical: Education, Knowledge and Action Research. Melbourne: Deakin University.
- Muhammad Darwis. 1994. Hubungan Persepsi terhadap Efektivitas Pengajaran Dosen, Sikap terhadap Kalkulus, dan Penguasaan Logika
- Elementer Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Kalkulus pada FPMIPA /KJP Ujungpandang, Tesis Magister, Malang: PPs Unesa di Malang.
- Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. (Edisi
- Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
- Tambunan, G; & Murtadho, S. 1987. Materi Pokok Pengajaran Matematika, Modul 1-6, Penerbit Kumia Jakarta.
- Tiro, Muhammad Arif, 1984, Cara yang Efektif untuk Mempelajari
- Matematika, Makalah Seminar, Malang: Pascasarjana IKIP Malang.