Main Article Content

Abstract

Pengaruh pemberian evaluasi ulangan harian terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia pada tingkat SMP merupakan hal yang penting dikaji. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian ulangan harian terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa tingkat SMP di Kabupaten Maros. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian evaluasi ulangan harian berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa tingkat SMP di Kabupaten Maros. Hal ini dapat tercermin pada prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa yang selalu diberikan ulangan harian. Peningkatan prestasi yang dicapai ditopang motivasi belajar yang memadai. 0leh karena itu, guru diharapkan membiasakan memberikan evaluasi ulangan harian, mengoreksi secara tepat, dan mengembalikan kepada peserta didik tepat pada waktunya.

Article Details

How to Cite
Asdam, M. (2007). PENGARUH PEMBERIAN EVALUASI ULANGAN HARIAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA TINGKAT SMP KABUPATEN MAROS. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 452-468. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.360

References

  1. Abdullah, Ambo Enre. 1980. Pokok-pokok Layanan Bimbingan Belajar. Ujung Pandang: FIP IKIP Ujung Pandang.
  2. Ahad, Daund. 1985. Pengantar Evaluasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.
  3. Ahmadi,Abu dan Supriono, Widodo. 1989. Psikologi Belajar. Jakarta: Rine Cipta.
  4. Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan PraktekJakarta: Rineka Cipta.
  5. Manrihu, M. Tayeb. 1978. Azas-azas Evaluasi Hasil Belajar. Ujungpandang Lembaga Tes dan Pengukuran IKIP Ujungpandang.
  6. Mappa, Syamsu. 1977. Psikologi Pendidikan. Ujungpandang: FIP IKL Ujungpandang.
  7. Nurkancana, Wayan dan Sumartana, P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan er.· fl .
  8. .'.').1:ll'ab~ya: Usaha Nasional.
  9. Rusli, Ratna Sajekti. 1989. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan. Jakarta,
  10. Proyek Pengembangan dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikaz,
  11. Sardiman, A.M. 1986. lnteraksi dan Motivasi Be/ajar Mengajar (Pedo
  12. bagi Guru dan Ca/on Guru). Jakarta: Rajawali.
  13. Suryabrata, Sumadi. 1990. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan (Makal.
  14. Penataran Penu/isan Soal Tes Prestasi Be/ajar. Jakarta: Depdikbud.
  15. Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Be/ajar. Jakarta
  16. Gramedia Pustaka Utama.