Main Article Content

Abstract

Instrumen merupakan suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis sehingga dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu objek ukur atau mengumpulkan data mengenai suatu variabel. Suatu instrumen dikatakan baik bila valid dan reliabel, baik validitas isi, konstruk, validitas empirik, reliabilitas konsistensi tanggapan, maupun reliabilitas konsistensi gabungan butir. Validitas internal skor butir dikotomi dan skor butir butir politomi berturut-turut digunakan KR-20 dan koefisien Alpha. Interpretasi terhadap koefisien reliabilitas merupakan interpretasi relati dalam artian bahwa tidak ada batasan mutlak yang menunjukkan berapa angka koefisien minimal yang harus dicapai agar suatu pengukuran dapat disebut reliabel. Namun dapat memberikan informasi tentang hubungan varians skor teramati dengan varians skor sejati kelomok individu. Tujuan mengestimasi reliabilitas tidak lain adalah untuk menentukan seberapa besar variabilitas yang terjadi akibat adanya kesalahan pengukuran dan seberapa besar variabilitas skor tes sebenarnya.

Article Details

How to Cite
Sappaile, B. I. (2007). KONSEP INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 379-391. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.356

References

  1. Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksioal, Prinsi-Teknik-Prosedur; Remaja Rosdakarya: Bandung.
  2. Azwar, Saifuddin. 1987. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Liberty: Yogyakarta.
  3. ___,. 2003. Sikap Manusia Terori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelaljar.
  4. Djaali., Pudji Muljono, Ramly. 2000. Pengukuran Dalam Pendidikan, Jakarta: Program Pascasarjana.
  5. Nurkancana, Wayan., PPN. Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional.
  6. Mohamad. 1987. Teori Tes, Surabaya: IKIP Surabaya.
  7. Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  8. Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Supranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan lnterpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  10. rata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis, Yogyakarta: Andi.