Main Article Content
Abstract
Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien, guru dituntut untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mungkin selama ini didasarkan atas intuisi, kepraktisan, mencontoh pengajar favoritnya ketika masih menjadi mahasiswa di lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), atau atas dasar teori-teori tertentu yang pernah dipelajarinya. Salah satu model rencana pelaksanaan pembelajaran yang ditawarkan di sini, di dalamnya terkandung komponen: (1) Urutan kegiatan pembelajaran, yaitu urutan kegiatan pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran (pesan/informasi) kepada siswa; (2) Metode pembelajaran, yaitu cara pengajar mengorganisasikan pesanl lnformasi dan siswa agar terjadi pembelajaran; (3) Media pembelajaran, yaitu peralatan yang digunakan untuk menyalurkan pesan/informasi dari pengirim (sumber belajar) kepada penerima pesan (siswa); (4) Sumber belajar, yaitu sumber pesan/informasi yang akan dipelajari siswa; dan (5) Waktu yang digunakan oleh siswa dan pengajar dalam menyelesaikan setiap langkah dalam kegiatan pembelajaran.
Article Details
References
- Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Designs, Principles and Aplications. New Jersey: Educational Technology Publications.
- Briggs, L.J. & Walter W. Walger. 1981. Handbook of Procedures for the DeÂsign of Instruction. Englewood Cliffs, New Jersey: Educational Technology Publications.
- Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional.
- Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan(SKL, Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional.
- Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional.
- Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional.
- Dick, Walter & Lou Carey. 1985. The Systematic Design of Instructions. LonÂdon: Scott, Foresman and Company.
- Gagne, R.M. & L.J. Briggs. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
- Gerlach, VS & D.P. Ely. 1971. Teaching and Media, A Systematic Approach Englewood Cliffs, N .J. : Prentice Hall.
- Miarso, Yusufhadi. 1984. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
- Supannan, Atwi.1993. Desain Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud.
- Widyastono, Herry. 2004. Strategi Pembelajaran bagi Siswayang Memiliki Potensi Kecerdaan dan Bakat Istimewa. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa, Ditjen Dikdasmen, Depdiknas.