Main Article Content

Abstract

Konsekuensi perilaku dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik akan berbeda pada kondisi penguatan dnn hukuman. Siswa yang mempunyai motivasi belajar intrinsik mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi pada kondisi hukuman daripada penguatan. Sebaliknya, pada siswa yang mempunyai motivasi belajar ekstrinsik, penguatan mempunyai efek yang lebih baik daripada hukuman dalam meningkatkan hasil belajar. Untuk ltu penggunaan konsekuensi perilaku sebagai cara meningkatkan hasil belajar harus mempertimbangkan karakteristik motivasi belajar siswa. Pada kelompok siswa yang mempunyai motivasi belajar lntrinsik, hukuman dianjurkan digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Sedang pada kelompok siswa yang mempunyai motivasi belajar ekstrinsik penguatan dianjurkan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. 

Article Details

How to Cite
Purwanto, P. (2007). PENGARUH KONSEKUENSI PERILAKU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(69), 1025-1040. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.347

References

  1. Atkinson, John W. 1981. An Introduction to Motivation. New York: D Van Nostrand Company Inc.
  2. Bower, Gordon H. dan Hilgard, Ernest R. 1981. Theories of learning Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall Inc.
  3. Chauhan, SS. 1978. Advanced Educational Psychology. New Delhi : Vikkas Publishing House Ltd
  4. Crawford, J. 1987. The Psychology learning and Interaction. New Delhi : Prentice Hall.
  5. Czikszentmihalyi, Mihaly 1996. Creativity: Flaw and the Psychology of Dis­covery and Invention. New York: Harper Collins Publisher.
  6. Dahar, Ratna Wilis 1988. Teori-teori belajar. Jakarta: P2LPTK
  7. Davies, Ivor K. 199 l. Pengelolaan Belajar. Terjemahan oleh Sudarsono Sudirdjo dkk. Jakarta : CV Rajawali.
  8. Good, Thomas L dan Brophy, Jere E. 1990. Educational psychology. New York: Longman.
  9. Hjelle, Larry Adan Ziegler, Daniel J. 1992. Personality theories: basic as­sumption, research and application. New York: McGraw Hill, Inc.
  10. Santrock, John W. 1977. Life Span Development. Texas: Brown & Benchmark.
  11. Sardiman, AM. 1986. Interaksi dan Motivasi Be/ajar Mengajar. Jakarta : Penerbit Rajawali.
  12. Sears, David O; Freedman, Jonathan L dan Peplau, L Anne. 1999. Psikologi sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  13. Soekadji, Soetarlinah. 1983. Modifikasi perilaku : penerapan sehari-hari dan penerapan profesional. Yogyakarta : Liberty.
  14. Subino.1987. Konstruksi dan Analisis Tes. Jakarta: Ditjen Dikti
  15. Winkel, WS. 1999. Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.
  16. Woolfolk, Anita Edan McCune, Lorraine. 19$4. Educational psychology for teachers. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc.
  17. Yelon, Stephen dan Weinstein, Grace W. 1997. A Teachera£TMs World: Psychology in the Classroom. Tokyo : McGraw Hill International Book Com­pany.