Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri tentang pemahaman siswa kelas 2 SDN. 36 Pangkalpinang dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk kalimat terbuka, yang mencakup : (1) letak kesulitan siswa (2) Faktor-faktor penyebab kesulitan. Dari 20 orang siswa kelas 2 SDN 36 Pangkalpinang diambil 18 orang siswa sebagai sampel. Alat untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk kalimat terbuka, digunakan observasi, wawancara dan tes. Tes yang terdiri 8 butir soal yang dikembangkan dan telah diujicobakan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, dan hasilnya
menunjukkan bahwa : (1) letak kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk kalimat terbuka adalah kurangnya pengertian dan pemahaman siswa akan arti dan maksud soal yang berbentuk kalimat terbuka dan (2) salah satu penyebab kesulitan siswa menyelesaikan soal matematika yang berbentuk kalimat terbuka adalah kurangnya peragaan yang diberikan guru kepada siswa dalam menanamkan konsep yang berbentuk kalimat terbuka.
Keywords
Article Details
References
- Bell H.F. 1978. Teaching and Learning Mathematics. Wim C. Brown Company Publishers Dubigue Iowa
- Bruner S.J. 1973. Beyond the Information Given. W. Norton Company. New York – London.
- Dembo, H. Myron. 1974. Teaching for learning : Applying Educational Psychology in the Classroom. Goodyear Publishing Company In. California.
- Departemen Pendidikan Nasional, GBPP Matematika SD 1994. M. Khafid dan Suyati. 2005. Penekanan pada Berhitung 2A untuk Kelas 2 SD Semester1. Terbitan Erlangga : Jakarta.
- Suyanto. 2000. Materi Buku Ajar Matematika yang tidak Mendidik. Harian Kompas, 3 September 2000, Jakarta.