Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran renang dengan strategi mengajar menggunakan media audio visual dan pemberian tugas terhadap hasil belajar renang gaya dada pada murid SD Kelapa Gading Jakarta. Penelitian dilaksanakan di kolam renang Kelapa Gading pada bulan Oktober 2004 seminggu tiga kali. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan sampel 20 murid yang diambil secara acak dari 36 murid kelas VI. Pengumpulan data dengan menggunakan tes awal dan tes akhir renang gaya dada sejauh 20 meter. Teknik analisis data menggunakan statistik dilanjutkan dengan uji t pada taraf kepercayaan £ = 0,05 yaitu (T hit= 1,836 > T tab = 1,73. Hasil studi menunjukkan bahwa: (a) sampel berdistribusi normal dengan pengujian homogenitas varians (Uji F) diperoleh nilai F hitung lebih kecil dari tabel F hit =1,68 < F tab =3,18). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media audio visual lebih efektif ( X =4,07) dibandingkan dengan strategi mengajar yang menggunakan metode pemberian tugas ( X =3,12).
Keywords
Article Details
References
- Abdullah Arma, 1985. Olahraga untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Sastra Husada
- Ahmadi, 1985. Didaktik Metodik, Jakarta: CV. Toha Putra
- Anderson, 1983. Selecting and Development Media for Intructio, UNC Company
- Bloom, 1978. Human Characteristic and Scholl Learning, New York: Mc Graw Hill, Book Campany
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1983. Cara Belajar Mengajar Renang, Jakarta: Ditjen PLS, Pemuda dan Olahraga
- Imansjah, 1984. Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha nasional
- Matakupan, 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Pengajaran DKI jakarta
- Syarifuddin Aip, 1989. Dasar-dasar di dalam Proses Belajar Pendidikan Jasmani, Bahan Perkuliahan FPOK IKIP Jakarta, FPOK IKIP Jakarta
- Surakmad W, 1984. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito
- Sujana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru