Main Article Content
Abstract
The objective of the study is to get information from some sample areas about: the establishment of curriculum developers team (CDT) for basic and secondary education; the structure of its caretaker, who and how many of its members; the availability of a budget needed; the members‘ understanding of the government policies related to curriculum; the empowerment of its members to do their main tasks among other things: socializing the policies and helping schools within basic and secondary educations writing up their respective curriculum; and school-based curriculum (S-BC) implementation. The data shows that all sample districts/municipalities have already established CDT; there is its caretaker structure with a various number of members; there is no sufficient budget in some districts/municipalities; there are some degrees of the members’understanding about the government policies related to curriculum; Districts/Municipalities Ministry of National Education empowered only some of the members socializing the government policies and helping schools writing up their curriculum as their main tasks; the implementation of S-BC was still uneven.
Â
ABSTRAK
Â
Tujuan studi dimaksudkan untuk memperoleh informasi dari daerah sampel tentang: Pembentukan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) pendidikan dasar dan menengah; struktur kepengurusan, siapa dan berapa jumlah anggotanya; keberadaan dana bagi TPK; pemahaman anggota terhadap kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan kurikulum; pemberdayaan mereka melaksanakan tugas pokok antara lain mensosialisasikan kebijakan dan mendampingi sekolah menyusun kurikulum; dan pelaksanaan kurikulum di sekolah. Hasil studi menunjukkan bahwa semua daerah sampel telah membentuk TPK; ada struktur kepengurusannya dengan jumlah anggota bervariasi; dana belum tersedia secara memadai di beberapa daerah; tingkat pemahaman responden terhadap kebijakan bervariasi; hanya sebagian anggota TPK yang diberdayakan sesuai TUPOKSInya; pelaksanaan KTSP di sekolah belum merata.
Article Details
References
- Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Komponen Kurikulum, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
- Cameron, L. 2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge Language Teaching Library. Cambridge, Cambridge University Press.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Nomor 20 tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
- Peraturan Pemerintah Nomor 19, 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
- ______. Nomor 38, 2007. tentang Pembagian Urusan Pemerintahan AntaraPemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota, Jakarta.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Lampiran Nomor 22, 2006. tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
- ______. Nomor 23, 2006. tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
- ______. Nomor 24, 2006. tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Pusat Kurikulum. 2006. Panduan Pengembangan Jaringan Kurikulum Tingkat Kabupaten/Kota, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
- ______. 2007. Model Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
- Rachel Bolstad, 2004. School-Based Curriculum Development: Principles, Processes, and Practices. http://www.nzcer.org.nz/default.php?products_id=829, November 2004 (27 Desember 2009)
- Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 33/MPN/SE/2007 tentang Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
- WIKIPEDIA, 2009. The Free Encyclopedia. Competence (human resources). W http:/en.wikipedia.org/wiki/Competence_(human_resources). This was last modified on 27 November 2009. (28 Desember 2009)
- WIKISOURCE. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 Perubahan I s.d IV). http:/id. wikisource.org/wiki/Undang-Undang _Dasar_Republik_Indonesia_1945_(Perubahan _I_s.d. _IV)