Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Yes
PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BALITBANG DAN PERBUKUAN KEMENDIKBUD
 
1.  Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan atau dalam proses penerbitan di jurnal/media lain dan dibuktikan dengan surat pernyataan dari penulis.
2.  Naskah diketik dengan memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
3.  Naskah diketik 1,5 spasi dengan huruf Verdana berukuran 10, minimal sebanyak 4000 kata , tidak termasuk Pustaka Acuan.
4.  Judul naskah maksimal 14 kata, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
5.  Abstrak antara 150-200 kata dengan 3-5 kata kunci, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (lihat template).
6.  Naskah yang dimuat dalam jurnal ini meliputi hasil penelitian dan kajian/pemikiran/gagasan yang berhubungan dengan kebijakan publik yang strategis di bidang pendidikan dan kebudayaan.
7.  Naskah hasil penelitian memuat judul, nama penulis, alamat lembaga penulis, e-mail penulis, abstrak, kata kunci dan isi. Isi naskah mempunyai struktur dan sistematika serta persentase dari  jumlah halaman sebagai berikut.
    • Pendahuluan meliputi latar belakang, kajian literatur yang mencakup teori dan hasil penelitian yang relevan, perumusan masalah, dan tujuan penelitian (25%)
    • Metode yang berisi metode penelitian yang digunakan, rancangan/model, tempat dan waktu, populasi dan sampel, teknik pengumpulan, dan teknik analisis data (10%)
    • Hasil dan Pembahasan menyajikan hasil penelitian sesuai dengan rumusan permasalahan dan tujuan penelitian, mendialogkan/menganalisis/membahas hasil penelitian dengan teori dan hasil penelitian yang relevan, menghubungkan hasil penelitian dengan kebijakan publik di bidang pendidikan dan kebudayaan (50%).
    • Simpulan dan Saran. Simpulan berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, menjawab pertanyaan dan masalah penelitian, bukan ringkasan dari pembahasan. Saran dibuat berdasarkan simpulan dan berisi rekomendasi yang aplikatif, akademik, atau berimplikasi pada kebijakan. Simpulan dan Saran tidak memuat tabel dan kutipan. (15%).
    • Pustaka Acuan minimal berjumlah 10 pustaka dan terbitan 10 tahun terakhir, kecuali bahan kajian historis dapat digunakan pustaka klasik (tua) terbitan lebih dari 10 tahun terakhir. Dari jumlah tersebut 80% berasal dari sumber primer, yaitu artikel yang diterbitkan pada jurnal ilmiah.
  1.  
  2. 8. Naskah kajian/pemikiran/gagasan memuat judul, nama penulis, alamat lembaga penulis e-mail penulis, abstrak, kata kunci dan isi. Isi naskah mempunyai sistematika serta persentase dari jumlah halaman sebagai berikut.
    • Pendahuluan meliputi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penulisan, dan memuat metode kajian (10%).
    • Kajian literatur menyajikan hasil kajian literatur sesuai dengan rumusan permasalahan/ tujuan kajian, pengembangan terori/konsep, hasil analisis kajian dihubungkan dengan kebijakan publik bidang pendidikan dan kebudayaan (75%).
    • Simpulan dan Saran. Simpulan dibuat berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, menjawab permasalahan kajian, dan bukan ringkasan dari pembasahan. Saran dibuat berdasarkan simpulan, berisi rekomendasi yang aplikatif dan berimpilasi pada kebijakan publik di bidang pendidikan dan kebudayaan. Simpulan dan Saran tidak memuat table dan kutipan. (15%)
    • Pustaka Acuan, artikel kajian/pemikiran/gagasan minimal berjumlah 25 pustaka dan terbitan 10 tahun terakhir, kecuali bahan kajian historis dapat digunakan pustaka klasik (tua) terbitan lebih dari 10 tahun. Dari jumlah tersebut 80% berasal dari sumber primer, yaitu artikel yang diterbitkan pada jurnal/majalah ilmiah.
9. Pustaka rujukan dari internet dianjurkan dari acuan yang akuntabel, tidak diperkenankan mengambil acuan dari Blogspot, Wordpress, dan Wikipedia.
10. Semua sumber yang dirujuk dalam naskah harus tercantum pada pustaka acuan, dan sebaliknya.
11. Penulisan kutipan dan pustaka acuan menggunakan APA Style dan disarankan menggunakan aplikasi reference manager.
12. Artikel hasil penelitian yang disponsori oleh pihak tertentu harus ada pernyataan (acknowledgement) yang berisi informasi sponsor yang mendanai dan ucapan terima kasih kepada sponsor tersebut.
13. Naskah dikirim secara online melalui website: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id atau melalui email: jurnaldikbud@kemdikbud.go.id dan jurnaldikbud@yahoo.com.
14. Cara penulisan acuan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir pengarang, tahun terbit). Contoh (Gesarina, 2013). 

Rujukan dari buku

Cooper, J. M. (2011). Classroom Teaching Skills. Bellmont: Wadsworth.

Books written by the same author with the same year, state the year by adding letter a,b,c after the year in chronological order or in alphabetical order, e.g. :

Maxwell, J. (2014a). Buat Hari ini Bermakna (Terj. Marlene T). Jakarta: MIC Publishing

Maxwell, J. (2014b). How Successful People Grow. New York: Hatchette Book Group.

Rujukan dari buku yang berisi kumpulan artikel (terdapat editornya). Ditambah dengan ed jika satu editor, eds jika editornya lebih dari satu.

e.g. Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S., (eds). (2009). Handbook of Qualitative Research. Terj. Daryatmo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rujukan dari buku yang ditulis lebih dari dua sampai dengan enam penulis ditulis lengkap nama penulis lainnya. Semua nama penulis atau kontributor pada penulisan tersebut ditulis dalam Pustaka Acuan. Dalam teks semua penulis ditulis lengkap.

e.g. Heo, K. H. G., Cheatham, A., Mary, L. H., & Jina, N. (2014). Korean Early Childhood Educators' Perceptions of Importance and Implementation of Strategies to Address Young Children's Social-Emotional Competence. Journal of Early Intervention, 36 (1) 49-66.

Rujukan dari buku yang ditulis lebih dari enam penulis, dalam teks ditulis keenam penulis pertama dan ditambahkan et al. begitu juga pada pustaka acuan.

Cates, A. R., Harris, D. L., Boswell, W., Jameson, W. L., Yee, S., Peters, A.V., et al. (1991). Figs and dates and their benefits. Food Studies Quarterly, 11, 482-489.

Rujukan dari artikel dalam buku kumpulan artikel (terdapat editornya). Ditambah dengan ed jika satu editor, eds jika editor lebih dari satu.

e.g. Bennet, R. E. & Gitomer, D. H. 2009. Transforming K-12 Assessment: Integrating Accountability Testing, Formative Assessment and Professional Support. Dalam C. WyatSmith & J. J. Cumming (Eds.), Educational Assessment in the 21st Century: Connecting Theory and Practice. London: Springer.

Rujukan dari artikel dalam jurnal

e.g. Lisnawati, S. Maret 2011. Pengembangan Instrumen Kecerdasan Emosional. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2 (1) 54-67.

Rujukan dari artikel dalam majalah atau koran

e.g. Alka, D.K. 4 Januari 2011. Republik Rawan Kekerasan? Suara Karya, hlm. 11

Rujukan dari koran tanpa penulis

e.g. Kompas. 19 September 2011. Sosok: Herlambang Bayu Aji, Berkreasi dengan Wayang di Eropa, hlm. 16

Rujukan dari Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden

e.g. Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Rujukan dari lembaga yang ditulis atas nama lembaga tersebut, contoh:

e.g.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rujukan dari karya terjemahan.

e.g. Sztompka, P. 2015. Sosiologi Perubahan Sosial (Terj. Alimandan) Jakarta: Penerbit Prenada.

Rujukan dari tesis atau disertasi.

e.g. Heryadi, D. 2013. Penerapan Teori Berpikir Logis dalam Pengembangan Menyimak Bahasa Indonesia. Disertasi. Bandung: PPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Rujukan dari internet.

e.g. Jamhari, M. 2012. Pendekatan Antropologi dalam Kajian Islam, http://www.ditpertais.net/ artikel/jamhari01.asp. diakses 15 Januari 2012.

14. Disarankan untuk menggunakan aplikasi referensi untuk menulis referensi.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------