Main Article Content
Abstract
The goals of this study are: 1) to identify various kinds of Information and Communication Technology (ICT) which are currently used by teacher’s colleges (TC) in lecturingprocess, and 2) to identify any other kinds of ICT’s which can be used by TC. This study is a case study conducted in South Sulawesi. The data collecting method is Focus Group Discussion (FGD) with the stakeholders of the academic qualification upgrading of the in-service-teachers.Study findings are: 1) the currently ICT used by TC are computer/laptop, LCD/in-focus and also internet technology. The use this kinds of ICT is only as supplement, just for smoothing the lecturing process. The use of this kinds of ICT is not yet for increasing the capacity of TC; 2) among the various kinds of ICT which are potential to increase the capacity of TC are television and radio. Besides that, the lecturing materials saved in the form of cassette/CD/VCD/DVD will be very useful for increasing the capacity of TC.
Â
ABSTRAK
Â
Tujuan studi ini dimaksudkan untuk:Â 1) mengidentifikasi berbagai jenis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang saat ini dimanfaatkan LPTK dalam perkuliahan dan 2) mengidentifikasi berbagai jenis TIK lainnya yang berpotensi dapat dimanfaatkan LPTK. Studi ini merupakan suatu studi kasus yang dilakukan di Sulawesi Selatan. Pengumpulan data studi ini menggunakan metode Focus Group Discussion(FGD) dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam peningkatan kualifikasi akademik guru dalam jabatan. Temuan studi adalah: 1) jenis jenis TIK yang digunakan oleh LPTK saat ini antara lain komputer/laptop, LCDatau in-focus dan juga pemanfaatan teknologi internet. Pada umumnya jenis TIK yang digunakan ini hanya sebagai pelengkap atau suplemen saja, yaitu memperlancar perkuliahan. Pemanfaatan jenis TIK ini belum dapat meningkatkan daya tampung LPTK; 2) dari berbagai jenis TIK yang berpotensi meningkatkan daya tampung LPTK bagi guru dalam jabatan yaitu televisi dan radio. Selain itu, materi kuliah yang disimpan dalam bentuk kaset/CD/VCD/DVD akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tampung LPTK.
Article Details
References
- Bisnis Indonesia. 2009. Pemerintah Dorong Pemanfaatan E-learning. www.sda-indo.com, diakses pada tanggal 28 Mei 2009.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Rencana Strategis (Renstra) Pembangunan Pendidikan 2005-2009.
- Keputusan Presiden Nomor 20, Tahun 2006 tentang Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional.
- Peraturan Pemerintah Nomor 19, Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Depdiknas,Jakarta.
- Pusat Statistik Pendidikan (PSP), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Statistik Persekolahan SD 2009/2010. Jakarta.
- Ramelan, Muslich. 2007. ICT, Jendela untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional danMeningkatkan Mutu dan Kreativitas SDM Indonesia. Makalah disampaikan pada ’Simposium Nasional Memanfaatkan Hasil-Hasil Penelitian dan Pemikiran-Inovatif Pendidikan untukMendukung Tiga Pilar Kebijakan Pendidikan Nasional di Indonesia†diselenggarakan Puslitjaknovdik, Hotel Bumi Karsa Bidakara, Jakarta, 25-26 Juli 2007.
- Setiyaningsih, Iin. 2009. Teknologi Informatika dan Komunikasi. http://iinsetiyaningsih.wordpress.com/2009/01/13/pengertian-tik-2/ diakses pada tanggal 28 Mei 2009.
- Soekartawi. 2003. E-learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. Seamolec.org diakses pada tanggal 28 Mei 2009.
- Sudibyo, Bambang. 2008. Sambutan Menteri Pendidikan Nasional pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tanggal 2 Mei 2008.
- Undang-Undang Nomor 14, Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Depdiknas, Jakarta.
- Yaniawati, Poppy. 2007. “Peran E-learning†dalam Pembelajaran. www.pikiran-rakyat.com diakses pada tanggal 28 Mei 2009.
- Yaniawati, Poppy. 2008. P3AI ITS Adakan Seminar E-learning. http://www.its.ac.id diakses pada tanggal 28 Mei 2009.