Main Article Content
Abstract
The aims of this research are: 1) to produce an interactive instructional CD- Chemoedutainment that utilizes macromedia flash software for Chemistry instruction at Junior Secondary School; 2) to examine the reliability and effectiveness of learning by using interactive instructional CD-Chemoedutainment through instruction at school. The products in the first year of research are an interactive instructional CD for main material of acid, base and salt. The conclusions of the study are:1) the instructional CD media can be used well by students; and 2) the instructional CD media is effective for improving student learning outcomes.
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran berupa CD interaktif chemo-edutainmentyang memanfaatkan software macromedia flash dalam pembelajaran Kimia SMP; 2) menguji keterandalan dan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif chemoedutainment melalui pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian tahun pertama adalah CD pembelajaran interaktif untuk materi pokok asam, basa, dan garam. Kesimpulan hasil penelitian, yaitu: 1) media CD pembelajaran dapat digunakan dengan baik oleh siswa; 2) media CD pembelajaran adalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details
References
- Army Auliah. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Hiperteks pada Pembelajaran Kimia SMA;Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik: Makassar: Jurusan Kimia FMIPA UNM
- Bambang, Ibnu Mahardika, Zaharudin G. Djalle. 2004. Flash MX 3 in 1. Bandung: Informatika.
- Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rafika Aditama
- Firman, Harry. 2000. Pengajaran IPA Kimia pada Pendidikan Dasar di Jepang. Disampaikan pada Seminar Nasional Expo Kimia Milenium III HMK UPI, 3 Juli 2000. Bandung: HMK UPI
- Green, T.D., Brown, A. 2000. Multimedia Projects in the Classroom. California: Corwis Press.
- Hayati, Maizatul, Amily Shafila, Azniah Ismail. 2006. Persepsi Calon Guru terhadap Permainan Komputer dan Masa Depan Penggunaannya dalam Kelas. http://ppp.upsi-edu.my/eWacana (diakses tanggal 5 Pebruari 2010).
- Jasri Jangi. 2010. Pengembangan Software Multimedia Pembelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Laju Reaksi
- Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi, Bandung: CV Alfabeta
- Plomp. 1997. Educational and Training System Design. Enschede, The Netherland: University of Twente.
- Rafiq. A. 2004. Pengetahuan Siswa SMP tentang Aspek Kimia pada Mata Pelajaran Fisika dan Biologi.Makassar: FMIPA UNM
- Setiadi, R. dan Agus, A. 2001. Dasar-dasar Pemrograman Software Pembelajaran. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia
- Tanrere, Munir. 2004. Identifikasi Materi Kimia pada Buku Paket Fisika dan Biologi SMP. Makassar: FMIPA UNM.