Main Article Content

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui kesenjangan gender dalam pemerataan dan perluasan akses pendidikan dilihat dari empat hal, yaitu 1) sasaran umum pendidikan bagi perempuan, 2) akses pendidikan bagi perempuan, 3) kontrol pendidikan bagi perempuan, dan 4) manfaat pendidikan bagi perempuan. Hasil penelitian adalah bahwa sasaran umum pendidikan menunjukkan kesenjangan gender pada SD (4,40%) dan SM (2,9%) akibat akses penndidikan yang dihitung dari angka masukan kasar juga ada kesenjangan sebesar 3,51% Partisipasi mahasiswa dalam bentuk presentase mahasiswa PT pada teknologi (61,48%) dan IPA (52,01%) juga terjadi kesenjangan rata-rata sebesar 10,60% akibat kontrol pengambilan keputusan lebih didominasi laki-laki. Oleh karena dominannya laki-laki dalam penentu kebijakan sehingga perempuan tertinggal, hal ini ditunjukkan perempuan yang menduduki eselon hanya 20,34% sehingga ada kesenjangan 39,33%). Angka melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi juga menunjukkan kesenjangan terutama pada SMP ke SMK (13,22%) dan hanya angka bertahan di semua jenjang yang lebih besar perempuan

Keywords

gender kesenjangan gender pemerataan akses pendidikan dan perluasan akses pendidikan

Article Details

How to Cite
Kintamani, I. (2016). Kesenjangan Gender dalam Pemerataan dan Perluasan Akses Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(75), 1069-1091. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i75.372

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rencana Strategis Depdiknas Tahun 2005-2009. Jakarta: Pusat Informasi dan Humas
  2. Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Data dan lndikator untuk Penyusunan Program Pembangunan Pendidikan. Jakarta: Roren Hatmadji, S.H. 200 I. Situasi dan Isu Gender di Indonesia. Jakarta: Kantor MenegPP
  3. Ida Kintamani. 2005. Data dan Jndikator Pendidikan. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan
  4. Kantor Meneg PP. 2000. Gender Based-Analysis: A Quick Guide for Policy
  5. Maker. Jakarta
  6. Raharjo, Yulfita. 2001. Pengantar Analisis Gender. Jakarta: LIPI
  7. Supiandi, Yusuf. 2001 Kebijakan dan Strategi Pengarusutamaan Gender
  8. (Gender Mainstreaming). Jakarta: Kantor Meneg PP
  9. Suryadi, A. 2000. Aplikasi Gender Analysis Pathway di Bidang Pendidikan. Jakarta: Balitbang
  10. Syarief, I., dan Murtadlo, D. 2000. Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: Grasindo
  11. Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945.
  12. Women Support Project II. 2000. An End: Project and Forward Looking
  13. Review. Jakarta: Kantor Meneg PP
  14. Women Support Project II. 200 I. Gender Related Concept Glossary. Jakarta: CIDA