Main Article Content
Abstract
Tulisan ini ditujukan kepada para pendidik seni mulai menggunakan pedoman penilaian yang mengacu pada kaidah ilmu pengetahuan untuk mengeliminir faktor subyektivitas dan karakter seni, khususnya musik membutuhkan tipe-tipe penilaian yang sesuai. Oleh karena itu, penskoran, penilaian dan pelaporan hasil tes harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Berdasarkan need assessÂment perlu dibenahi implementasi oleh para pendidik.
Article Details
How to Cite
Arini, S. H. D. (2007). TIPE PENILAIAN DAN PROSES PEMBAKUAN PEDOMAN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN MUSIK. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 437-451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.361
References
- Brown Frederick G. 1983. Principles of education and psychological testing. New York: Holt, Rinehart and Winston.
- Dick, Walter & Lou Carey. 1990. The systematic design of instruction. Third edition, Florida: Harper Collins Publishers.
- Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Edisi Revisi Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
- Gene, Hall & Jones. 1976. Competence based. education. a process for the improvement of education. New Jersey: Englewood Cliffs Inc.
- Gronlund, Norman E. 1993. How to make achievement test and assessment. Fifth edition. Boston, London, Toronto, Sydney, Tokyo, Singapore: Allyn and Bacon.
- Guilord, J.P. 1959. Psychometric Methods. New York, Toronto, London: McGraw Hill.
- Harrow, Anita J. 1972. A Taxonomy of the Psychomotor Domain. A. Guide for Developing Behavioral Objectives. New York and London: Longman.
- Karim, Suud. Makalah Konsep kurikulum berbasis kompetensi dalam semiÂnar kurikulum berbasis kompetensi. Jurusan Seni Rupa FBS UniversiÂtas Negeri Jakarta, Jum'at 18 Juli 2003.
- Linn, Robert L & Norman E. Gronlund. 1995. Measurement and assessment in teaching. USA: Prentice Hall Inc.
- Muchlis, Joseph: 1963. The enjoyment of music an introduction to perceptive listening. New York: W.W. Norton & Company Inc.
- Marzoeki, Latifah Kodijat, 2002. Penuntun mengajar piano. Edisi revisi. Jakarta: Djambatan.
- Nitko, Anthony J. 1996. Educational assessment of students. Second edition. New Jersey, Colombus, Ohio: Englewood Cliffs.
- Nunnaly Jum C. 1978. Psychometric theory. New York: Mc Graw Hill Book Company.
- Prewitt, Bobby Ward dan Kathleer A. Buler. 1993. Learning styles and perforÂmance assessment. Australia: Hawker Brownlow.
- Soewono, Johanna. 1992. Pendidikan berbasis kompetensi (PBK). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
- Thorndike, R.L. and Elizabeth Hagen, 1955. Measurement and Evaluation in Psychology, and Education. New York: John Willey & Sons. Inc.