http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/issue/feed Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2024-05-02T09:28:43+07:00 Sekretariat Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan jurnaldikbud@kemdikbud.go.id Open Journal Systems <p>The first edition published in 1995 under the name of Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan dan Kebudayaan with ISSN number 0215-2673. In 1999 it became Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Other than its name, it also changed its frequency of publication, that is, in 1999 for every two months, in 2011 for every three months, in 2015 for every four months, and in 2017 for every six months.<br>In 2016 it had new ISSN 2460-8300 and started the volume from one. Since 2016 it also published in online version with ISSN 2528-4339.</p> <p><strong>ISSN&nbsp; &nbsp; &nbsp;: <a title="ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1441263789" target="_blank" rel="noopener">2460-8300</a><br></strong><strong>E-ISSN : <a title="E-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1469417062" target="_blank" rel="noopener">2528-4339</a><br>Akreditasi RISTEKBRIN</strong> : <a href="https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/eeNDMYebmMG3kJF" target="_blank" rel="noopener"><strong>200/M/KPT/2020</strong></a></p> <p>&nbsp;</p> http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4728 Cover 2023-12-31T16:42:05+07:00 admin jurnaldikbud@yahoo.com <p>Cover&nbsp;</p> 2023-12-22T11:16:48+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4630 Daftar Isi, Editorial, Lembar Abstrak 2023-12-31T16:42:05+07:00 Editor jurnaldikbud@yahoo.com <p>Daftar isi</p> 2023-12-14T15:23:56+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4238 Pengaruh Bantuan Operasional Sekolah terhadap Angka Partisipasi Sekolah Anak Penyandang Disabilitas di Kabupaten/Kota Indonesia 2023-12-31T19:26:08+07:00 Siska Dewi siska.dewi@ui.ac.id Thia Jasmina thia.jasmina@ui.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) terhadap Angka Partisipasi Sekolah (APS) anak disabilitas pada tingkat kabupaten/kota di tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode analisis data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara dana BOS yang diberikan untuk SLB terhadap APS anak disabilitas. Adapun variabel independen yang berpengaruh signifikan yaitu persentase disabilitas berat, persentase disabilitas yang tinggal di wilayah urban, rasio ketersediaan sekolah inklusi, rata-rata lama sekolah, dan regional. Sedangkan variabel independen yang tidak signifikan yaitu variabel rasio guru-siswa SLB, rasio ketersediaan SLB, PDRB per kapita, dan usia harapan hidup. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya evaluasi terhadap program BOS untuk SLB dengan mempertimbangkan kebutuhan riil operasional di sekolah, jenjang pendidikan, dan jenis kebutuhan atau gangguan yang dialami oleh siswa penyandang disabilitas. Selain itu, perlu ditingkatkan bantuan untuk keluarga dengan anak penyandang disabilitas guna meringankan biaya personal pendidikan anak penyandang disabilitas.</p> 2023-12-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/3872 Pemanfaatan Fitur Pelatihan Mandiri untuk Memahami Kurikulum Merdeka 2024-01-02T11:39:01+07:00 Metta Liana mettaliana@umrah.ac.id Dina Fitriyah dinafitriyah@umrah.ac.id Nur Eka Kusuma Hindrasti nurekha2017@umrah.ac.id Nevrita Nevrita nevrita@umrah.ac.id Eko Febri Syahputra Siregar ekofebriansyahputrasiregar@umrah.ac.id Nur Izzati nurizzati@umrah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana respon dan pendapat para pendidik mengenai fitur Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar. Lima aspek yang diteliti meliputi kemudahan akses, tampilan, konten/materi, keterampilan, dan kebermanfaatan. Metode penelitian berupa statistik deskriptif dengan teknik pengambilan data survei melalui kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert. Subjek penelitian adalah pendidik di Sekolah Penggerak yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka di Kepulauan Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur Pelatihan Mandiri bagi para penggunanya mudah diakses, tampilan dapat menfasilitasi gaya belajar, topik yang disediakan beragam dan relevan dengan kebutuhan, memberikan kemudahan dalam menyelesaikan aksi nyata, dan membantu mendapatkan pemahaman utuh terkait implementasi kurikulum Merdeka. Dengan demikian, fitur Pelatihan Mandiri efektif digunakan sebagai platform pembelajaran mandiri untuk memahami dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka</p> 2023-12-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4228 Adaptasi dan Analisis Psikometri Skala Kompetensi Multikultural Calon Guru Menggunakan Pemodelan Rasch 2023-12-31T19:24:33+07:00 Wahyu Widodo drwahyuwidodo@outlook.com Chusnul Chotimah chusnul.chotimah@unitri.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kelayakan adaptasi the Multicultural Competence Scale for Prospective Teachers ke dalam versi Indonesia. Responden adalah 102 mahasiswa program studi keguruan. Responden ditentukan dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui google form. Secara keseluruhan terdapat empat analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu proses adaptasi, pembersihan data dan validasi data, uji atribut psikometri di tingkat item, dan uji psikometri di tingkat instrumen. Hasilnya, secara keseluruhan skala telah memenuhi unidimensi dalam kriteria istimewa dibuktikan dengan nilai Raw Variance sebesar 76,2%. Demikian juga, skala ini memiliki keandalan susunan item yang istimewa dibuktikan dengan nilai item reliability sebesar 0,99. Dengan demikian, skala ini layak digunakan untuk meninjau kompetensi multikultural mahasiswa pada program studi keguruan sebagai dasar penyusunan kerangka program pendidikan dan pelatihan kompetensi multikultural bagi mahasiswa calon guru.</p> 2023-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4350 Tradisi Pujan Kasanga: Mengungkap Konsep Keselarasan Hidup Masyarakat Tengger 2023-12-31T19:25:28+07:00 Sony Sukmawan sony_sukmawan@ub.ac.id Muhammad Zanika Esa Putra muhammadzanika@student.ub.ac.id <p>Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengungkap mitos Juadah Kirik sebagai potensi kekuatan jahat atau potensi kekuatan baik dan mengungkap peran mitos Pusaka Sunggasanga sebagai instrumen untuk menetralisasi keburukan dan menciptakan harmoni. Kedua, merefleksikan mitos Juadah Kirik dan Pusaka Sunggasanga sebagai konsep dan praktik keseimbangan Rwa Bhineda. Penelitian ini berpendekatan kualitatif dan berperspektif folkloristic. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan langsung dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan dengan tahapan (1) mengidentifikasi informasi dan narasi mitos (reduksi); (2) mendeskripsikan nilai dan fungsi mitos dikaitkan dengan persepsi dan keyakinan (penyajian); dan (3) menarik simpulan fungsi mitos bagi penguatan eksistensi tradisi dan penegasan tujuan hidup (verifikasi). Hasil penelitian mengungkap, pertama, Juadah Kirik dimitoskan sebagai roh jahat pengganggu masyarakat, sementara itu Sunggasanga dimitoskan sebagai pusaka untuk menetralisasi roh jahat yang dapat mengubah peran Juadah Kirik dari pengganggu menjadi penjaga desa. Kedua, mitos Juadah Kirik dan Pusaka Sunggasanga merupakan proyeksi konsepsi ajaran keselarasan hidup masyarakat Tengger yang bersesuaian dengan ajaran keselarasan Hindu tentang Rwa Bhineda. Praktik Pujan Kasanga yang melatarbelakanginya merupakan praktik pemulihan keselarasan yang menciptakan ketenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan masyarakat.</p> 2023-12-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4271 Towards a Paradigm Shift: Analysis of Student Teachers’ and Teacher Education Institutions’ Readiness on Kurikulum Merdeka 2023-12-31T19:25:47+07:00 Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro kurnia.dirgantoro@uph.edu Robert Harry Soesanto robert.soesanto@uph.edu <p>This research is to examine the preparedness and initiatives of Teacher Training and Education Institutes (LPTK) and student teachers in implementing Kurikulum Merdeka. This cross-sectional study employs a phenomenological approach. The study encompasses 448 student teachers from various provinces in Indonesia. Data were gathered through a questionnaire featuring open-ended questions, and the results were analyzed using a multistage descriptive coding and pattern approach. The findings reveal that 82.81% of student teachers are ready to implement Kurikulum Merdeka. However, in terms of understanding, 24.55% of them still need to improve their understanding about the new curriculum. In conclusion, there persists a need to continually enhance the knowledge and skills of student teachers in navigating the implementation of Kurikulum Merdeka. Additionally, LPTK must ensure the provision of competencies adequately.</p> 2023-12-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4229 Penerapan Sistem Blok dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas 2023-12-31T19:25:09+07:00 Fathimah Dayaning Pertiwi fathimahpertiwi@fkip.unmul.ac.id Hatta Yarid hattayarid@gmail.com Arum Widyastuti Arumwidyastutee@gmail.com Dimas Aldi Pangestu dimasaldipangestu@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem blok di SMA, mengetahui dampak penerapan sistem, dan membuktikan efektivitas sistem blok pada pembelajaran. Penelitian menggunakan mixed methods dan subject penelitian adalah 121 orang di SMA Budi Muia Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik anova. Hasil penelitian menunjukkan sistem blok di SMA Dua Budi Mulia diterapkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek kolaborasi (collaborative project based learning). Penerapan sistem blok memberi dampak positif seperti guru lebih leluasa menyiapkan bahan dan strategi pembelajaran serta penilaian, mengasah kemampuan peserta didik dalam kerja sama, kepemimpinan, manajemen waktu, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Namun demikian, penerapan sistem blok memiliki dampak negatif yaitu kurang detailnya penyampaian materi dari beberapa mata pelajaran. Nilai efektivitas dari penerapan sistem blok pada penelitian ini adalah 46.6%, sehingga terbukti bahwa penerapan sistem blok di SMA adalah efektif dilihat pada aspek kejelasan informasi, persiapan, dan pelaksanaan sistem blok. Dengan demikian, penerapan pembelajaran sistem blok dengan pembelajaran berbasis proyek kolaborasi di SMA Budi Mulia efektif karena memberi dampak positif pada pembelaran baik bagi guru maupun peserta didik.</p> 2023-12-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4392 Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Peningkatan Otonomi Belajar dan Literasi Informasi Digital 2024-05-02T09:28:43+07:00 Nurlita Lestariani nurlita@uinmataram.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh otonomi belajar dan literasi informasi digital terhadap hasil belajar kognitif pada perkuliahan Statistik. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ex-post facto. Partisipan pada penelitian ini ialah 32 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Statistik. Data otonomi belajar dan literasi informasi digital dikoleksi dengan menggunakan angket selfassessment, sedangkan hasil belajar kognitif diukur dengan menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi ganda dan tunggal melalui SPSS 22. Analis regresi ganda membuktikan bahwa secara simultan, otonomi belajar dan literasi informasi digital berpengaruh kuat dan signifikan pada hasil belajar kognitif. Pengaruh ini bernilai positif. Artinya, peningkatan otonomi belajar dan literasi informasi digital akan turut meningkatkan hasil belajar kognitif. Analisis regresi tunggal menunjukkan bahwa secara terpisah otonomi belajar memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar. Namun, literasi informasi digital hanya menunjukkan pengaruh yang lemah&nbsp; terhadap hasil belajar kognitif. Dengan demikian, otonomi belajar dan literasi informasi digital berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> 2023-12-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4711 Indeks, Pedoman Penulisan 2023-12-31T16:42:06+07:00 Editor jurnaldikbud@yahoo.com <p>Indeks&nbsp;</p> 2023-12-19T11:19:46+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/4750 Back Cover 2023-12-31T16:42:06+07:00 admin jurnaldikbud@yahoo.com <p>Cover&nbsp;</p> 2023-12-30T21:03:14+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan