Main Article Content

Abstract

This paper aims to analyze the goals, the profile and the performance of equality education. This study employs the documentation method by using the three publications: facts and figures of educational equality profile, statistics of nonformal education, and profile of nonformal education. This study analyzes the national level data attained by calculating the five indicators of equity and seven indicators of the quality of education. Performance of equality education is attained from the average value of education equity and quality. The results showed that the equity of Package A is the biggest (87.22) and the smallest is Package C (79.77), so that the average value of equity of equality education is 83.24. In contrast, the quality of Package B is the largest (64.61) and Package A is the smallest (48.03) so that the average value of quality of equality education is 54.86. On the basis of the equity and quality value, the largest performance is Package B with the value of 73.68 and the smallest is Package C with the value of 65.85. Thus, the performance of equality education only achieves 69.05 or less than 70%.

 

ABSTRAK

 

Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis sasaran pendidikan kesetaraan, profil pendidikan kesetaraan, dan kinerja pendidikan kesetaraan. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi menggunakan tiga terbitan, yaitu Profil Pendidikan Kesetaraan dalam Fakta dan Angka, Statistik Pendidikan Nonformal, dan Profil Pendidikan Nonformal. Data yang digunakan pada tingkat nasional dengan menghitung lima indikator pemerataan dan tujuh indikator mutu pendidikan. Kinerja pendidikan kesetaraan diperoleh melalui rata-rata perhitungan nilai pemerataan dan mutu pendidikan kemudian dibagi dua. Hasilnya menunjukkan bahwa pemerataan Paket A yang terbesar dengan nilai 87,22 dan Paket C yang terkecil dengan nilai 79,77 sehingga rata-rata pendidikan kesetaraan sebesar 83,24. Sebaliknya, nilai mutu Paket B yang terbesar dengan nilai 64,61 dan Paket A yang terkecil dengan nilai 48,03 sedangkan rata-rata pendidikan kesetaraan sebesar 54,86. Berdasarkan nilai pemerataan dan mutu maka kinerja Paket B yang terbesar dengan nilai 73,68 dan Paket C yang terkecil dengan nilai 65,85. Dengan demikian, kinerja pendidikan kesetaraan sebesar 69,05 atau hanya tercapai kurang dari 70%.

Article Details

How to Cite
Kintamani DH, I. (2012). Kinerja Pendidikan Kesetaraan sebagai Salah Satu Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(1), 65-84. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.70

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta.
  2. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009,Jakarta: Pusat Informasi dan Humas
  3. Departemen Pendidikan Nasional. 2009a. Ikhtisar Pendidikan Nasional 2008/2009, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan
  4. Departemen Pendidikan Nasional. 2009b. Statistik Pendidikan Nonformal 2008/2009, Jakarta: Pusat Statistik Pendidikan
  5. Departemen Pendidikan Nasional. 2009c. Permerdiknas Nomor 77, Tahun tentang Ujian Nasional ProgramPaket A dan Paket B. Jakarta
  6. Direktorat Pendididikan Kesetaraan. 2010. Profil Pendidikan Kesetaraan dalam Fakta dan Angka. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
  7. Hermawan, I.K.D. Pendayagunaan Program Kesetaran Pendidikan Nonformal: Kasus Provinsi Sulawesi Barat, Tahun 2008/2009. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 16, Nomor 4, Juli 2010.
  8. Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Profil Pendidikan Nonformal. Jakarta: Pusat Statistik Pendidikan.
  9. Pusat Data dan Informasi Pendidikan. 2008. Indikator Pendidikan. Jakarta: Bahan Pelatihan Regional.
  10. Pusat Data dan Informasi Pendidikan. 2009. Statistik dan Indikator Berwawasan Gender Tahun 2008/2009,
  11. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  12. Pusat Statistik Pendidikan. 2010. APK/APM TK, SD, SMP, SM, dan PT 2009/2010. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
  13. www.KamusBahasaIndonesia.org diakses pada tanggal 20 Juni 2011