Main Article Content

Abstract

This research aimed is to enhance students’ study activities of VIII grade at SMP Sekolah Alam and Sains Aljannah on Chemistry Lesson under integrated Sains. The Chemistry Lesson is performed using portofolio assessment through Lesson Study implementation. The research methode is qualitative description. The portofolio assessment is done four times of lesson process on food preservative, addictive and psychotropic topic. The portofolio assessment consists of various students’ study activities and portofolio forms. The result indicates that there is increase of students’ study activities on Chemistry Lesson under integrated science using portofolio assessment through Lesson Study implementation.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Sekolah Alam dan Sains Aljannah pada pembelajaran kimia menggunakan penilaian portofolio melalui implementasi lesson study. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penilaian portofolio dilakukan dalam empat kali proses pembelajaran pada materi pokok Zat aditif makanan, dan zat aditif dan Psikotropika, dengan aktivitas siswa yang beragam dan bentuk portofolio juga bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kimia dalam IPA terpadu dengan menggunakan portofolio melalui implementasi lesson study.

Article Details

How to Cite
--, N., --, S., & Utomo, W. R. (2010). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam IPA Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio Melalui Lesson Study di SMP Sekolah Alam dan Sains Aljannah Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(6), 627-637. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.491

References

  1. De Porter, dan B. Hernacki, M. 2005. Quantum Learning. Bandung; Kaifa.
  2. Departemen Pendidikan Nasional, 2004. Mengenal Pendidikan Terpadu. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
  3. Hamalik, Oemar. 2007. Proses BelajarMengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hendayana, Sumar, Didi Suryadi, Muchtar A Karim, Sukirman. 2007. Lesson study. Bandung: UPI Press.
  5. Jasmin, Yulia. 2007. Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa.
  6. Johnson, Elaine B . 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Penerbit MLC.
  7. Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
  9. S. Sumarna dan M Hatta. 2004. Penilaian Portofolio. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
  10. Tierney, Robert J, Mark A. Carter, Laura E Desai. 1991. Portofolio Assesment in the Reading-Writing Classroom. Norwood, MA: Christopher-Gordon Publisher, Inc.