Main Article Content

Abstract

The objective of this research is to study the content, implementation, and policy performance of quality, relevance and core competitiveness of Bengkulu University. The data of this research is policies of Bengkulu University since 2006 up to 2008. The findings indicate: 1) consistency between the National policies and the policies of Bengkulu University in regard to competitiveness, decentralization, outonomy, and health of the organization and 2) improved quality, relevance and core competitiveness of Bengkulu University in driving regional economic activities, enterprise and working athmosphere; Therefore, in a higher education that wishing to reach quality, relevancy, core competitiveness should apply total quality management system and has innovation, and care for the current issues continously.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini mengetahui isi, implementasi dan kinerja kebijakan Universitas Bengkulu dalam peningkatan kualitas, relevansi dan dayasaing serta implikasinya pada kegiatan ekonomi daerah. Data penelitian adalah kebijakan Universitas Bengkulu sejak 2006 sampai 2008. Indikasi temuan: 1) ada konsistensi antara kebijakan nasional dan kebijakan Universitas Bengkulu dalam hal daya saing, desentralisasi, otonomi dan kesehatan organisasi dan 2) peningkatan kualitas, relevansi dan unggulan Universitas Bengkulu, dapat mendorong aktivitas ekonomi daerah, dunia usaha dan dunia kerja. Selanjutnya, perguruan tinggi dapat mencapai kualitas, relevansi dan unggul dengan menerapkan sistim manajemen terpadu, berinovasi serta tanggap terhadap isu-isu berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Anwar. AB, S. (2010). Implikasi Unggulan Perguruan Tinggi Pada Aktivitas Ekonomi Daerah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(5), 550-559. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i5.485

References

  1. Anonimus. 2004. Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi (HELTS) 2003-2010, DIRJEN DIKTI,
  2. Anonimus. 2006. Universitas Bengkulu, RENSTRA-RENOP.
  3. Anonimus. 2007. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Allen., Mark, (ed). 2002. The Corporate University Handbooks: Designing, Managing, and Growing a sucessful Program,New York, Amacom.
  5. Bargh, Catherine, Peter Scott and David Smith. 1996. Coverning University: Changing the culture, Buckingham : SRHE, and Open University.
  6. Buchari Alma, dan Ratih Hurriyati. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus Pada Mutu layanan Prima, Alfabeta, Bandung.
  7. Chris, Duke. 2002. Managing The Learning University, SRHE and Open University Press, Ballmoor, Buckingham.
  8. R. Eko Indrajit dan R. Djokopranoto. 2006. Manajemen Perguruan Tinggi Moderen, Andi Offset, Yogyakarta.
  9. Robbin., P. Stephen. 2003. Perilaku Organisasi, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
  10. Soedijarto. 1993. Menuju Pendidkan Nasional yang Relevan dan Bermutu, Balai Pustaka, Cetakan Ke Empat.
  11. ______. 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita, PT. Kompas Media Nusantara, Cetakan Pertama.
  12. Sutjipto. 2000. Tantangan, Kebijakan dan Manajemen Pendidikan Tinggi: Implikasi Terhadap Transformasi IKIP Menjadi Universitas, Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta.
  13. Tampubolon Daulat P., 2001. Perguruan Tinggi Bermutu, edisi pertama, Grasindo.
  14. Tilaar, H.A.R. 2004. Manajemen Pendidikan Nasional, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung,
  15. Warner, David and David Palfreyman (ed). 1996. Higher Education Management: The Key Element, Buckingham, SRHE and Open University Press.