PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU YANG SUDAH DAN BELUM DISERTIFIKASI

Simon Sili Sabon

Abstract


Penelitian ini untuk mendapatkan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis perbandingan persepsi siswa tentang kompetensi guru antara: 1) guru SD negeri yang sudah dan belum disertifikasi, 2) guru SD swasta yang sudah dan belum disertifikasi, 3) guru SMP negeri yang sudah dan belum disertifikasi dan 4) guru SMP swasta yang sudah dan belum disertifikasi. Data yang digunakan dalam pengkajian ini adalah data primer persepsi siswa tentang kompetensi guru. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan membandingkan proporsi setiap kelompok siswa dalam memberikan penilaian terhadap kompetensi gurunya. Hasil kajian: 1) kompetensi guru SD negeri yang sudah disertifikasi lebih baik daripada yang belum disertifikasi, 2) kompetensi guru SD swasta yang sudah disertifikasi lebih baik daripada yang belum disertifikasi, 3) kompetensi guru SMP negeri yang belum disertifikasi lebih baik daripada yang sudah disertifikasi, dan 4) kompetensi guru SMP swasta yang belum disertifikasi lebih baik daripada yang sudah disertifikasi. Kajian ini menyimpulkan persepsi siswa terhadap kompetensi gurunya sebagai berikut: 1) di SD (negeri dan swasta), kompetensi guru yang sudah disertifikasi lebih baik daripada guru yang belum disertifikasi bersertifikat, dan 2) di SMP (negeri dan swasta) kompetensi guru yang belum disertifikasi lebih baik daripada yang sudah disertifikasi.

Keywords


Kompetensi guru, sertifikasi guru, persepsi siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alim, M.N. 2013. Kinerja Pegawai Kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Polewali Mandar (Studi Kasus Pada Bidang Tenaga Kerja). Skripsi. Makassar: Jurusan Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Apriliani, S.F. 2015. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa SMK 17 Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Azizi, A.L. 2010. Analisis Kesesuaian Guru Mata Pelajaran Dengan Latar Belakang Akademik Di MTs Sudirman Tempuran Kabupaten Magelang (Tinjauan Standar Nasional Pendidikan). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Baeti, N. 2015. Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Brotosedjati, S. 2012. Kinerja Guru Yang Telah Lulus Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, 1(2), 189-199.

Fajarini, C.D., Parwanto, Marpaung, L., & Sabon, S.S. 2010. Studi Tentang Perbandingan Kinerja Guru Yang Sudah Bersertifikat Pendidik Dan Yang Belum Bersertifikat Pendidik. Laporan Penelitian. Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan (Puslitjak Balitbang) Kemendikbud.

Hasbullah, 2010. Sertifikasi Bagi Profesionalisme Guru Dan Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran (Studi kasus pada Guru Madrasah Aliyah Negeri Salatiga Tahun 2010). Skripsi. Salatiga: Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

Jailani, M.S. 2014. Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Ta’lim, 21(1), 1-9.

Lestari, S. 2010. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru MTs N Mlinjon Filial Trucuk Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Medistiara, Y. 2016. Nilai Rata-rata UN SMP Tahun 2016 Turun 3 Poin dari Tahun Lalu, http://news,detik,com/berita/3230382/nilai-rata-rata-un-smp-tahun-2016-turun-3-poin-daritahun-lalu, diakses tanggal 3 Oktober 2016.

Mustofa. 2007. Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4(1), 76-88.

Nasir, M., Samingan & Abdullah. 2013. Komparatif Kinerja Guru Biologi Yang Belum Sertifikasi Dengan Guru Biologi Yang Sudah Sertifikasi Pada SMA Negeri Rayon 01 Kabupaten Pidie. Jurnal Biologi Edukasi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 5(2), 60 - 65.

Natsir, N.F. 2007. Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Educationist, I(1), 20-27.

Novauli, F.M. 2015. Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 45- 67.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Data Studi Sertifikasi Guru (Studi Longitudinal 2009-2012) dalam Proyek Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015a. Data Uji Kompetensi Guru 2012-2015. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015b. Statistik Persekolahan 2015. Pusat Data dan Statistik Pendidikan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP Setjen Kemendikbud).

Mudri, M.W. 2010. Kompetensi Dan Peranan Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Falasifa, 1(1), 111–124.

Qurrotu, A. 2011. Penilaian Kinerja (Performance Appraisal) pada Karyawan di Perusahaan. Majalah Ilmiah Informatika, 2(3), 74-88.

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Rohman, M.K.A. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Studi Kasus pada SMK Berdikari Jember. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.

Sari, B.R.F. 2014. Pengaruh Persepsi Guru Mengenai Sertifikasi Guru Dan Akreditasi Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Negeri Di Kabupaten Temanggung. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyaningsih, N. 2015. Evaluasi Kompetensi Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di SD Negeri Kejambon 2 Kota Tegal. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Setiyawan, D. 2013. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar PKn Pada Siswa Kelas III Di MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Siswanto. 2008. Program Sertifikasi Guru (Antara Tuntutan Kesejahteraan dan Kualitas). Jurnal Pendidikan Islam Tadris, 3(2), 211-221.

Siswanto. 2010. Tingkat peguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi: Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), 41-51.

Suarman & Syahza, A. 2014. Dampak Kebijakan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Daerah Riau. Jurnal Pendidikan Lembaga Penelitian Universitas Riau Pekanbaru, 4(2), 72-83.

Suharso, Y. 2013. Peran dan Tanggungjawab Guru Sebagai Tenaga Profesional. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XX(4), 112-123.

Sunhaji. 2014. Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi Guru). Jurnal Kependidikan, II(1), 142-160.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wuryanti, Idris, A. & Djaja, S. 2014. Dampak Tunjangan Profesi (Sertifikasi Guru) Dalam Optimalisasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Kecamatan Samarinda Ulu. Journal Administrative Reform, 2(1), 1123–1134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Balitbang Kemendikbud © 2016

        Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.