Main Article Content

Abstract

The objective of research is to obtain the information about the ability of Curriculum Development Team (TPK) of districts in designing learning activities and assessments contain complex thinking skills that include critical thinking, problem solving, and creative thinking. Based on the results of analysis using the Table of The Cognitive Process Dimension and Gubbin’s Matrix of Thinking Skills, known that only 24.58% TPK capable of designing learning tasks and assessments containing complex thinking skills, and of that number only 31% are able to design a creative thinking task.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan TPK di empat kabupaten dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian bermuatan keterampilan berpikir kompleks yang meliputi berpikir kritis, pemecahan masalah, dan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Tabel The Cognitive Process Dimension dan Gubbin’s Matrix of Thinking Skills, diketahui hanya 24.58% TPK yang mampu merancang
kegiatan pembelajaran dan penilaian bermuatan keterampilan berpikir kompleks, dan dari jumlah tersebut hanya 31% yang mampu merancang tugas berpikir kreatif.

Article Details

How to Cite
Panjaitan, M. O. (2011). Kemampuan Tim Pengembang Kurikulum Merancang Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian Yang Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kompleks (Suatu survai terhadap TPK di 4 kabupaten). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 491-500. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.44

References

  1. Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing - A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman
  2. De Bono, Edward. 1991. Lateral Thinking, Creativity Step by Step. New York: Harper & Row, Publishers
  3. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif.
  4. Jindrich, Susan. 2005. How to Help Children Learn. Bookmarks
  5. King, F.J., Goodson, L., Rohani, L. Higher Order Thinking Skills. The Center for Advancement of Learning and Assessment. www.cala.fsu.edu
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41, Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22, Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23, Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
  10. Pusat Kurikulum. 2007. Model Jaringan Kurikulum. Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.
  11. Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 33/2007 Tentang Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Tanggal 13 Februari 2007.
  12. Udall, A.J. and Daniels, J.E. 1991. Creating the Thoughtful Classroom. Zephyr Press
  13. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.