Analisis Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi

Ida Kintamani DH

Abstract


The purpose of this analysis is to understand the Higher Education (HE) Human Resources profile and quality, and determine the quality of HE by using the 2009/2010 data. The method used in this analysis is the documentation study and the survey. In addition, the use of key performance indicators from Education Strategic Plan 2010-2014 to assess the quality of HE. Results showed that although private institutions have reached 97.24% of HE, it only has 58.39% of the students and 71.83% lecturers. Based on 7 indicators, feasibility of lecturers to teach only 37.65%, full-time professors 67.82%, lecturers professors 3.59%, senior lecturer 19.84%, and most education personnel are high school graduated which is 34.82%. Based on the selected five composite indicators, the quality of PT is only 49.85 means that less than half. By looking at the results, they are advised to conduct further research regarding collection of data about the HE, especially teachers with all the details and whether the composite indicators used are appropriate to measure the quality of HE.

 

ABSTRAK

Tujuan analisis SDM PT adalah untuk memahami profil SDM PT, mutu SDM PT, dan menentukan mutu PT dengan menggunakan data tahun 2009/2010.
Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah studi dokumentasi dan survai. Selain itu, digunakan indikator kinerja utama (IKU) dari Rencana Strategi Pendidikan tahun 2010-2014 untuk menilai mutu PT. Hasilnya menunjukkan bahwa walaupun lembaga PT Swasta sebesar 97,24% dari lembaga PT yang ada, namun mahasiswanya hanya sebesar 58,39% dan dosennya sebesar 71,83%.
Berdasarkan 7 indikator, kelayakan dosen mengajar hanya 37,65%, dosen tetap sebesar 67,82%, dosen jabatan guru besar sebesar 3,59%, dosen senior sebesar 19,84%, dan tenaga kependidikan kebanyakan lulusan SM sebesar 34,82%. Berdasarkan 5 indikator komposit yang dipilih maka mutu PT hanya sebesar 49,85 berarti kurang dari separuh. Dengan melihat hasil seperti ini maka disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan mengenai pendataan PT khususnya dosen dengan semua rinciannya dan apakah indikator komposit yang digunakan telah sesuai untuk mengukur mutu PT


Keywords


analysis, human resource, higher education, data and indicator, education quality; analisis, sumber daya manusia, pendidikan tinggi, data dan indikator, mutu pendidikan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amirin, Tatang M. 2001. Pokok-pokok Teori Sistem, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1977. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0259/U/1977.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002a. Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional, 2002b, Data dan Indikator untuk Penyusunan Program Pembangunan, Jakarta: Biro Perencanaan.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Strategi Pendidikan Tinggi Jangka Panjang 2003—2010 Mewujudkan perguruan tinggi berkualitas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14, Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia) diakses pada tanggal 25 April 2011.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010a. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010b. Statistik Perguruan Tinggi 2009/2010. Jakarta

Pusat Data dan Informasi Pendidikan. 2008. Indikator Pendidikan. Jakarta.

Pusat Statistik Pendidikan. 2009. Profil Pendidikan Tinggi 2008/2009. Jakarta.

Pusat Statistik Pendidikan. 2010. Perkembangan Pendidikan Tinggi 1998/1999—2008/2009

Widiyanto, Y.Nugroho/ Guru Bersertifikasi, di Mana Dikau? Kompas 7 Mei 2011, hal 6.

www.KamusBahasaIndonesia.org diakses pada tanggal 13 Mei 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v17i4.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Copyright of Balitbang Kemendikbud © 2016

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.