Main Article Content

Abstract

Artikel ini memberi gambaran riil mahasiswa pada institusi pendidikan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) yang diperoleh dari 29 laporan penelitian, artikel dan makalah seminar tentang mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang merupakan satu-satunya institusi pendidikan tinggi yang menerapkan sistem PJJ secara utuh. Secara khusus, di sini dibahas profil, persepsi terhadap PJJ, motivasi, strategi belajar, pengenalan dan pemanfaatan media dalam proses belajar, serta kendala belajar yang dialami mahasiswa PJJ. Gambaran riil ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih operasional tentang siapa dan bagaimana mahasiswa melakukan proses pembelajaran, serta bagaimana mereka menyikapi proses belajar di sistem PJJ. Pada gilirannya, informasi tersebut diharapkan dapat dijadikan rujukan bagi institusi pendidikan yang menerapkan sistem PJJ untuk mengelola institusinya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

Article Details

How to Cite
Andriani, D., & Pangaribuan, N. (2007). MENGELOLA INSTITUSI PENDIDIKAN PADA SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH DENGAN EFEKTIF: BELAJAR DARI KARAKTERISTIK MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(69), 1081-1103. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.351

References

  1. Abdullah, D. 2004. Faktor-faktor penyebab pola registrasi UT Kasus di UPBJJ Bandung. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  2. Andriani, D. 2003. Kemandirian mahasiswa & lulusan perguruan tinggi tatap muka & jarak jauh. Jakarta: Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  3. Andriani, D. 2005. Mahasiswa S2 pada Sistem PJJ: Pemanfaatan Intemetdan bantuan belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 6(2), 77-91.
  4. Andriani, D., Siswantini, W., & Pangaribuan, N. 2003. Analisa kemauan belajar mahasiswa pada institusi pendidikan jarak jauh: Kasus di Universitas Terbuka. Jakarta: Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  5. Andriani, D. & Supartomo. An !CT-based education to improve quality of teaching and learning in Post-graduate program : Lessons learnt from Universitas Terbuka. Makalah disajikan pada The 20th AAOU lntrenational Annual Conference. Kunming, Cina. 12-15 Oktober 2006.
  6. Belawati, T. &Andriani, D. 2002. Biaya penyelenggaraan sistem pendidikan jarakjauh: benarkah lebih murah? Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 3 (I), 1-15.
  7. Darmayanti, T. & Belawati, T. 2002. Kemauan be/ajar (Learning volition) mahasiwa PTJJ: Studi kasus di Universitas Terbuka. Jakarta: Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  8. Guiglielmino, L:M. & Guiglielmino, P.J. 1995. Expanding your readiness for self directed learning. Don Mills, Ontario: Organization Design and Development Inc.
  9. Irawan, P. 1997. Studi tentang pengalaman lulusan UT- Persepsi tentang program dan efeknya terhadap pengembangan karir. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  10. Julaeha, S. & Andayani. 2002. Strategi dan gaya be/ajar. Jakarta: Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  11. Kusmawan, U. 2001. Studi eksploratif tentang bimbingan akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UT Jakarta: Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  12. Meilani, A., lsfarudi, Kuswanti, E, Aslichati, A., & Harijati, S. 1997. Studi tentang penurunan registrasi ulang mahasiswa reguler Universitas Terbuka. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  13. Mintaroem, K., Farisi, M.I., Lukiyadi, & Hariyanto, M. 1999. Persepsi siswa sekolah menengah tentang UT: Penelitian eksploratif tentang akseptabilitas siswa sekolah menengah terhadap UT di wilayah kerja UPBJJ Surabaya. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  14. Ngafiyati, S. 2000. Pengaruh tingkat kemandirian dan penyesuaian diri terhadap prestasi mahasiswa. Jakarta: Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  15. Noviyanti, R. 2002. Studi tentang kendala yang dihadapi oleh mahasiswa subsidi D-III Penyuluhan Pertanian dalam sistem belajar jarak jauh di UPBJJ-UT Bogor masa registrasi 2001.1. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian,Universitas Terbuka.
  16. Nurmawati, H, S., & Rachmiazasi, L. 2002. Pelayanan UT dalam menyambut Program SJ PGSD sebagai langkah menjemput bola lulusan D-II PGSD di Kabupaten Rembang. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  17. Padmo, D. & Anggoro, M.T. 2002. Persepsi & kesediaan mahasiswa dan calon mahasiswa potensial PTJJ dalam pemanfaatan media dan sumber belajar. Jakarta: Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian, Universi­tas Terbuka.
  18. Pertiwi, P.R. 2002. Studi tentang kendala-kendala yang dihadapi oleh mahasiswa subsidi D-III Penyuluhan Pertanian di UPBJJ Surabaya dalam sistem belajar jarak jauh masa registrasi 2001.1. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  19. Puspitasari, A. & Islam, S. 2003. Kesiapan belajar mandiri mahasiswa dan calon mahasiswa pada pendidikan jarak jauh di Indonesia. Jakarta:Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  20. Ruganda. 2004. Kendala mahasiswa S1 PGSD UT dalam mempelajari matakuliah Keterampilan Dasar Menulis (PGSD4303) di Kabupaten Majalengka pada masa registrasi 2002.3. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  21. Sukarjo, O. 2004. Hubungan prestasi belajar mahasiswa S1 PGSD dengan kebiasaan belajar. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  22. Sunarjo, J. & Kamsir. 2004. Motivasi mahasiswa masuk Program s1 PGSD UT di wilayah kerja UPBJJ UT Purwokerto. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  23. Surtini, S., & Murdjiyo. 2004. Evaluasi tutorial tatap muka Program S1 PGSD di Kabupaten Grobogan masa registrasi 2003.1. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  24. Suwardjo. 1999. F aktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa berprestasi program studi D-II PGSD UT, UPBJJ Yogyakarta. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  25. Thaib, D. 2002. Struktur organisasi UPBJJ-UT Bandung dikaitkan dengan peningkatan Angka Partisipasi Mahasiswa (APM). Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  26. Zaitlin, M.A., Firman, H., & Sigit,A. 2003. Studi tentangpersepsi mahasiswa UT terhadap pelayanan bahan ajar, tugas mandiri, dan Internet di UPBJJ-UT Makassar. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.
  27. Zainullah, A. 1997. Pengaruh cara belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Matematika I Mahasiswa PGSD D-II di Kotamadya Madiun. Jakarta: Pusat Penelitian Kelembagaan, Lembaga Penelitian, Universitas Terbuka.