Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan (I) mengkaji hakikat pendekatan tematik dalam pembelajaran matematika dan kesesuaiannya dengan tuntutan KBK, (2) mengkaji pendekatan pembelajaran matematika berorientasi pada pemecahan masalah matematika terbuka, (3) mendeskripsikan pengertian kompetensi berpikir divergen, kritis, dan kreatif, beserta indikator-indikatornya, dan (4) memberikan contoh model pemecahan masalah matematika terbuka untuk mengembangkan kompetensi berpikit; divergen, kritis, dan kreatif dalam pembelajaran matematika. Kompelensi berpikir divergen, kritis, dan kreatif di kalangan peserta didik adalah sangat penting dalam era persaingan global, karena tingkat kompleksitas permasalahan dalam segala aspek kehidupan modern semakin tinggi. Pendekatan tematik memberi kesempatan kepada peserta didik untuk secara mendalam mengkaji topik-topik matematika yang dikemas secara menarik dan kontekstual, sedangkan pemecahan masalah matematika terbuka memberikan kesempatan luas untuk melakukan investigasi masalah matematika secara mendalam, sehingga siswa dapat mengkonstruksi segala kemungkinan pemecahannya secara divergen, kritis dan kreatif.
Article Details
References
- Depdiknas, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi KEBJJAKSANAAN UMUM Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
- Foong, P. Y. 2000. Using Short Open Ended Mathematics Question to ProÂmote Thinking and Understanding. Singapore: NIE.
- Freeman, C., & Sokoloff, H.J. 1995. Children learn to make a better world: Exploring themes.Childhood Education, 73, pp. 17-22.
- Freeman, C., & Sokoloff, HJ. 1996. Toward a theory of theory of thematic curricula: Constructing new learning environments for teachers & learnÂers. Education Policy Analysis Archives,3(14), pp. 1-19.
- Frudenthal, H. 1991. Revisiting mathematics education. Dordrecht: Kluwer A.P.
- Handal, B. 2000. Teaching in themes: is that easy? Reflections, 25(3), pp. 48-49.
- Hiebert, J. & Carpenter, T.P. 1998. Problem Solving as a Basis for Reform of Curriculum and Instruction: The Case of Mathematics. Educational ReÂsearch 25(4), 12-21.
- Maturana, H.M & Varela,F.J 1984 .. Der Baum der Erkenntnis: Die bilogischen Wurzeln menschlichen Erkennens. Muenchen: Scherz Verlag.
- Parnes, S. J. 1992. Source book for creative problem solving. Buffalo, NY: Creative Education Foundation Press.
- Parwati, 2005, Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan-Masalah dalam Rangka Mengefektifkan Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jumal Pendidikan dan Pengajaran, IKIP Negeri Singaraja:Oktober 2005
- Perfetti, C.A., & Goldman, S.R. I 975. Discourse functions of thematization and topicalization.Journal of Psycholinguistic Research, 4(3), pp. 257- 271. Research Group of Australasia Inc (pp. 265-272), Sydney: MERGA.
- Schoenfeld, A. 1994. What do we know about curriculumr. In: the Journal of Mathematical Behaviour 13, p. 55-80.
- Schoenfeld, A. 1997. Learning to think mathematically: Problem solving, metacogniton, and sense making in Mathematics. In: D.A. Grouws(Ed), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp 334-367), New York: Macmillan
- Shimada, S. & Becker, P., 1997. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. NY: NCTM.
- Soedjadi, R. & Sutarto Hadi, 2004. PMRI dan KBK dalam Era Otonomi Pendidikan.
- Schroeder, T.L., & Lester, F.K. 1989. Developing understanding in mathematÂics via problem solving. In P.R. Trafton (Ed.), New directions for elemenÂtary school mathematics (pp. 31-56). Reston:NCTM.
- Sternberg, R. J. & Lubart, T. I. 1991. An investment theory of creativity and its development. Human Development, 34, 1-31.
- Sudiarta, P. 2003a. Impulse der Schule des Konstruktivismus Fuer Neuere Konzepte des Lehrens und Lernens: Am Beispiel Mathematikunterricht. Dissertation: Uni Osnabrueck, Jerman
- Sudiarta, P. 2003b. Pembangunan Konsep Matematika Melalui "Open-Ended Problem": Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Elisabeth Osnabrueck Jerman, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, IKIP Negeri Singaraja: Edisi Oktober 2003.
- Sudiarta, P. 2005a, Pengembangan Kompetensi Berpikir Divergen dan Kritis Melalui Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Mei 2005.
- Sudiarta, P. 2005b, Paradigma Baru Pembelajaran Matematika: Refleksi Terhadap Tuntutan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Juli 2005.
- Sudiarta, P. 2005c. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Kontekstual Open-Ended, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran !KIP Negeri Singaraja, Edisi Oktober 2005.
- Upitis, R; Philip,E; Higgigson W, 1996. Assessment and Realistics MathematÂics Education, Utrech: CD-B Press/Freudenthal Institut, Utrecht UniverÂsity.