Main Article Content

Abstract

Salah satu fungsi Ujian Nasional (UN) adalah sebagai alat ukur yang akurat   untuk mengetahui kualitas atau mutu pendidikan di Indonesia secara menyeluruh di dalam wilayah NKRI. Bagaimana membuat Ujian Nasional (UN) tersebut hasil pengukurannya akurat dan adil untuk sekolah-sekolah di Indonesia yang sangat bervariasi kondisi dan kualitasnya?Pertama agar hasil pengukuran secara nasional akurat adalah data yang dikumpulkan diambil secara menyeluruh (sensus, bukan hanya sekedar survei). Selain itu, alat ukur atau ujian yang digunakan juga harus baik kualitasnya. Untuk mendapatkan alat ukur yang kualitasnya baik, soal-soalnya seharusnya diambil dari Bank Soal, karena semua soal-soal yang ada di dalam Bank Soal sudah jelas kualitas dan karakteristik. Kunci kedua, karena kondisi sekolah-sekolah dan kemampuan siswa di lndonesia sangat beragam, maka tingkat kesukaran soal-soal dalam UN seharusnya berbeda, sesuai dengan kemampuan peserta tesnya. Dengan menggunakan soal-soal yang ada di dalam Bank Soal yang sudah dikalibrasi dengan konsep Item Response Theory (Calibrated Item Bank), hal ini memungkinkan peserta UN mengerjakan perangkat tes yang berbeda sesuai dengan kemampuannya, tetapi tetap hasilnya dapat dibandingkan

Article Details

How to Cite
Setiadi, H. (2016). UJIAN NASIONAL (UN) YANG AKURAT DAN ADIL UNTUK SEKOLAH-SEKOLAH DI INDONESIA YANG SANGAT BERVARIASI KONDISI DAN KUALITASNYA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 229-244. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.329

References

  1. Hambleton, R.K., Swaminathan, H., dan Rogers, H.J. 1991. Fundamentals of Item Response Theory. Newbury Park, CA: Sage Publications.
  2. Setiadi, H. 1996. Item Banks to Improve Assessment Practice. Laboratory of Psychometric and Evaluation Research Report, University of Massachusetts, USA.
  3. Setiadi, H. 1998. Bank Soal yang Dikalibrasi dengan Konsep IRT Memecahkan Permasalahan pada Ujian-ujian Sistematik yang Diadakan pada Periode-periode Tertentu. Kajian, Balitbang Depdiknas, 013 (4), 4-19.
  4. Setiadi,H. dan Hayat, B.1997. Mendesa in Tes dengan Menggunakan Rasch Model. Paper dipresentasikan pada Pelatihan Tingkat Nasional untuk Guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Indonesia.
  5. Wright, R.D. dan Stone, M.H. 1979. Best Test Design. Chicago: MESA Press.