Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi siswa SMA dalam mengerjakan PR dan cara-cara meningkatkan motivasi tersebut. Informan dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa SMA dan 3 orang guru pengajarnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion) dan wawancara individual, serta dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi dalam mengerjakan PR dapat dikelompokkan menjadi faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi tindak lanjut guru dalam pemberian PR, pemberian nilai, jenis, beban dan waktu pemberian serta tingkat kesulitan PR, bahan atau sumber untuk mengerjakan PR, cara mengajar dan karakteristik guru, pengaruh teman, dan juga dukungan keluarga. Faktor internal meliputi manfaat yang dirasakan, minat terhadap pelajaran, serta kondisi fisik. Beberapa implikasi cara untuk meningkatkan motivasi pengerjaan PR adalah memperhatikan tindak lanjut dalam pemberian PR, perancangan PR
yang menjawab kebutuhan, pemberian pengetahuan/informasi dasar yang memungkinkan untuk berekplorasi, peningkatan kemampuan guru dalam mengajar dan menjalin relasi interpersonal

Keywords

motivasi mengerjakan PR pekerjaan rumah (PR) siswa SMA motivasi belajar

Article Details

How to Cite
Pradani, E. F., Setiawan, J. L., & Wiriana, W. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Siswa SMA dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(70), 140-156. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i70.3227

References

  1. Bryman, A. 2001. Social Research Methods. Oxford: Oxford University Press.
  2. Crow, L.D., & Crow, A. 1984. Psikologi Pendidikan vol 1 (Kasijan Pengalih Bhs.). Surabaya: PT. Bina Ilmu.
  3. The Centre for Public Education. 2007. Key lessons: What research says about the value of homework. Retrieved February 16, 2007, from http://www.centerforpubliceduc ation.org/site/pp.aspx?c=kjJXJ5MPIwE&b=2466963&printmode=1
  4. Eren, O. & Henderson, J.D., 2006. The Impact of Homework on Student Achievement. Departmental Working Papers 0518, Southern Methodist University, Department of Economics, revised 12 May 2006. February 16, 2007, from: http://ideas.repec.org/p/SMA/ecowpa/0518.html
  5. Kogan, S. & Rueda, R. 1997. Comparing the Effects of Teacher-Directed Homework and Student-Centered Homework on Return Rate and Homework Attitudes of Minority Learning Disabled Students. Makalah disampaikan pada the Annual Meeting of the Americal Educational Research Association, Chicago, 24-28 Maret.
  6. Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
  7. Novianti, T. 2003. Hubungan antara Minat Belajar dengan Sikap terhadap Pekerjaan Rumah pada Siswa Kelas V SDN Jember Lor 4 di Jember. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Surabaya.
  8. Poerwandari, K. 2001. Pendekatan kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia, (edisi revisi). Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.
  9. Rusyan, A.T, Kusdinar, A., & Arifin, Z. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Remadja Karya Sardiman, A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.
  10. Slameto. 1988. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
  11. Strauss, A. & Corbin, J. 1998. Basic of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory (2nd edition). California: Sage Publications, Inc.
  12. Syah, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  13. Uzer, U. 1995. Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Winkel, S.W. 2005. Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi. Yogyakarta: Media Abadi.
  15. Woolfolk, A. 1993. Educational Psychology. Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall