Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab beberapa permasalahan: (1) Setujukah diadakan Ujian Nasional (UN) SD/MI? (2) Apakah terdapat perbedaan persepsi guru mata pelajaran SMA terhadap: (a) motivasi belajar siswa terhadap materi, (b) kemampuan akademik siswa, (c) keinginan melanjutkan ke SMP/MTs, (d) akhlak siswa, (e) keobjektifan guru dalam memberi skor/nilai ujian, (f) kemampuan guru menulis soal; selama tidak ada UN. Berdasarkan analisis deskriptif dan uji Chi-Square dari 257 responden/guru mata pelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, sebagian besar 145 responden (56,4%) guru mata pelajaran SMA menyatakan setuju diadakannya UN SD/MI dan hanya 101 responden (39,3%) yang menyatakan tidak setuju, serta 11 responden (4,3%) responden yang tidak menjawab. Kedua, pelaksanaan ujian SD/MI selama belum ada
pengganti UN, sebagian besar guru mata pelajaran SMA menyatakan “sedang” pada keenam aspek: (1) motivasi belajar siswa, (2) kemampuan akademik siswa, (3) keinginan siswa SD/MI melanjutkan ke SMP/MTs, (4) akhlak siswa, (5) guru objektif dalam memberi skor/nilai ujian, (6) kemampuan guru menulis soal. Hal ini menunjukkan adanya indikasi perbedaan persepsi guru mata pelajaran terhadap pelaksanaan ujian SD/MI selama tidak ada pengganti UN adalah tidak terbukti (P>0,05).

Keywords

persepsi guru SMA ujian nasional SD/MI

Article Details

How to Cite
Safari, S. (2022). Persepsi Guru SMA Terhadap Ujian Nasional SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(071), 271-287. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i071.3086

References

  1. Akbar, Reni. 2001. Kreativita. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  2. Dessler, Gary. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1, Edisi ke-10. Jakarta: PT Indeks.
  3. Lewy, Arieh (Editor). 1977. International Institute for Educational Planning: Handbook of Curriculum Evaluation. Paris: UNESCO.
  4. Goleman, D. 2000. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia.
  5. Hambleton, Ronald K., and Swaminathan, Hariharan. 1985. Item Response Theory, Principles, and Applications. Boston: Kluwer. Nijhoff Publishing.
  6. Hersey, Paul; Blanchard, Kenneth H.; Johnson, Dewey E. (1996). Management of Organizational Behavior Utilizing Human Resources. New Jersey: Prentice Hall Inc. a Simon & Schurter Company.
  7. OECD PISA dan Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kemampuan Dasar untuk Hidup: Prestasi Literasi Membaca, Matematika, dan Sains Anak Indonesia Usia 15 Tahun di Dunia Internasional. Jakarta.
  8. Norusis, Marija J. 1993. SPSS for Windows Advanced Statistics Release 6.0. USA: SPSS, Inc.
  9. Stoner, James A. F., and Freeman, R. Edward. 1989. Management. New Jersey: Prentice-Hall International Editions, Englewood Cliffs