Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memformulasikan strategi kepala sekolah dalam menyiapkan Sekolah Penggerak terkait dengan: 1) penguatan SDM; 2) pembelajaran paradigma baru; dan 3) sarana prasarana. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dan berlokasi di SMAN 1 dan 2 Wonosari, Yogyakarta. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen arsip sekolah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) strategi yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 dan 2 Wonosari untuk meningkatkan kompetensi SDM adalah dengan mengusung konsep perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi (PPE); 2) strategi yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 dan 2 Wonosari untuk mengelola pembelajaran paradigma baru adalah dengan menggunakan konsep student centered learning (SCL); dan 3)strategi yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 dan 2 Wonosari untuk menyediakan sarana dan prasarana adalah dengan konsep 2P atau perencanaan dan pengadaan. Ketiga strategi tersebut dinilai paling efektif untuk menyiapkan Sekolah Penggerak.
Keywords
Article Details
References
- Adit, A. (24 September 2020). Komisi X DPR: DIY bakal jadi percontohan peta jalan pendidikan. Kompas.com/Edu.
- Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117-129. doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
- Amini, Pane, D., dan Akrim. (2021). Analisis manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148-11159.
- Creswell, J.W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. New York: SAGE Publications.
- Etisnawati. (2020). Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu tenaga pendidik . Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1), 13-18. doi.org/10.29210/120202605
- Fudin, A. (2020). Pengaruh sarana prasarana terhadap kinerja guru. Manajemen Pendidikan, 15 (1), 7-11.
- Gunawan. (11 Maret 2011). 150 sekolah lolos Program Sekolah Penggerak: Diawali dari Gunungkidul, menyasar berbagai jenjang pendidikan. Radar Jogja. https://radarjogja.jawapos.com/gunungkidul/2021/03/11/150-sekolah-lolos-program-sekolahpenggerak/
- Gunawan, Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). Strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2), 2769-2777.
- Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8.
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Mari bersama memajukan pendidikan Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak, Organisasi Penggerak, Guru Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/
- Lutfi, A. (2020). Metodologi pembelajaran: Strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. In A. Lutfi, Pengertian dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran (p. 121). Malang: IRDH Book Publisher.
- Putra, I.G., Saputra, I.M., & Wardana, K.A. (2021). Paradigma pendidikan Abad 21 di masa Pandemi Covid-19. PINTU: Pusat Penjamin Mutu, 2(2), 1-20.
- Ratnawati, E. (2019). Peningkatan kinerja guru dalam penyusunan administrasi pembelajaran melalui supervisi akademik Kepala Madrasah di MIN Doplang Kecamatan Bawen Semarang. Jurnal Dwija Utama, 10(42), 43-55.
- Rizky, B., Puput, R., & Af’idah, I. (2021). Strategi kepala sekolah dalam mempertahankan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di SMA Ar-Rahmah Malang. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(1), 45-53.
- Shohib, M., & Ernawati. (2018). Student centered learning: Solusi atau masalah di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan, 6(1), 86-103. https://ejurnal.stihpainan.ac.id/index.php/jihk/article/view/124
- Syafi’i, F.F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 25 November 2021, 39-49.
- Triyanto. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 176-184.
- Wibawani, D.T., Wiyono, B.B., dan Benty, D.D.N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181-187.
- Widiansyah, A. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SDIT Insani Islamia Bekasi. Cakrawala, 18(1), 25-30