Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya pada bidang kesehatan, tetapi juga pada bidang-bidang lain termasuk pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan permasalahan formal/utama pendidikan yang dihadapi siswa yang berada di daerah 3-T di masa pandemik dan mendiskusikan alternatif solusi untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan basis utama penelitian terdahulu yang diperoleh dengan pendekatan semi-systematic literature review. Hasil analisis menunjukkan adanya enam metamasalah yang dihadapi pendidikan di daerah 3-T pada kondisi pandemi, yaitu 1) Sulitnya internet dan alat komunikasi untuk melakukan pembelajaran daring, 2) Keterbatasan ekonomi/pendapatan orang tua siswa, 3) Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, 4) Kurang memadainya kualitas pendidik yang tersedia, 5) Minimnya jumlah pendidik/tenaga kependidikan, dan 6) Sulitnya infrastruktur jalan dan jauhnya jarak tempuh sekolah. Berdasarkan enam metamasalah tersebut, hasil formulasi masalah formal yang dilakukan yakni belum meratanya sarana dan prasarana publik yang mendukung pendidikan di daerah 3-T. Alternatif solusi yang diusulkan yaitu akselerasi pembangunan infrastruktur melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Keywords

permasalahan pendidikan daerah 3-T pandemi covid-19 pembelajaran daring

Article Details

How to Cite
Falah, A. I., & Hadna, A. H. (2022). Problematika Pendidikan Masa Pandemi di Indonesia pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 164 - 185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2997

References

  1. Abas. (2021). Problematika Dunia Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten. https://banten.kemenag.go.id/det-berita-problematika-dunia-pendidikan-pada-masa-pandemi-covid-19.html
  2. Alfonso. (2021). Motivasi Belajar Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar Daerah 3T Kabupaten Bengkayang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 133–143. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3379
  3. Arifa, S. N. (2022). Hari Pendidikan Internasional, Bagaimana Tingkat Pendidikan di Indonesia Saat ini? GoodnewsfromIndonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/24/hari-pendidikan-internasional-bagaimana-tingkat-pendidikan-di-indonesia-saat-ini
  4. Arifai, S., Yusmiana, G., Kampa, R. R. A., & Islami, A. N. (2021). MOBIL 2 IN 1 DAN AKSES PENDIDIKAN DI ERA 4.0 BAGI GENERASI Z TERDAMPAK SECARA KEUANGAN OLEH COVID 19. IBEF: Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 2(1), 16–30.
  5. Bali, E., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237–241. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
  6. BPS. (2021). STATISTIK PENDIDIKAN 2021. In Badan Pusat Statistik.
  7. Christianto, H. (2020). Penggunaan Media Internet Dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 : Perspektif Hak Asasi Manusia Dan Hukum Pidana The Use Of Internet Media On Fulfilling Rights To Education During The Covid- 19 Pandemic : Human Rights And Criminal La. Jurnal HAM, 11(2), 239–253.
  8. CNN-Indonesia. (2020). Nadiem: Daerah 3T Paling Butuh Belajar Tatap Muka di Sekolah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201127134626-20-575317/nadiem-daerah-3t-paling-butuh-belajar-tatap-muka-di-sekolah.
  9. Dit-PDPPI. (2022). Pembangunan Daerah melalui Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha. Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah Dan Pembiayaan Infrastruktur (PDPPI) - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko - Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://kpbu.kemenkeu.go.id/read/77-224/umum/kajian-opini-publik/pembangunan-daerah-melalui-skema-kerja-sama-pemerintah-dan-badan-usaha
  10. DitSD. (2022). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid. Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/penyesuaian-kebijakan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid
  11. Dunn, W. (2017). Public Policy Analysis: An Integrated Approach Sixth Edition (Sixth Edit). Routledge.
  12. Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404
  13. Kepres 6, KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2017 TENTANG PENETAPAN PULAU-PULAU KECIL TERLUAR. (2017).
  14. Perpres 63, PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 63 TAHUN 2O2O TENTANG PENETAPAN DAERAH TERTINGGAL TAHUN 2O2O-2O24. (2020).
  15. SE Mendikbud 4, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2020).
  16. SE Mendikbud 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2021).
  17. SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, 1 Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri (2021). https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.346
  18. Kompas. (2020). PBB Sebut 463 Juta Anak di Dunia Tak Bisa Akses Pendidikan Daring Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PBB Sebut 463 Juta Anak di Dunia Tak Bisa Akses Pendidikan Daring.” https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/30/123100865/pbb-sebut-463-juta-anak-di-dunia-tak-bisa-akses-pendidikan-daring?page=all
  19. Muhajir. (2020). Pembelajaran Daring di Era COVID-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetisi, dan Model Pendidikan yang Manusiawi. Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 6(2), 220–234.
  20. Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar
  21. Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
  22. Nur Irsyadiah, & Ahmad Rifa’i. (2021). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BLENDED COOPERATIVE E LEARNING DI MASA PANDEMI. Syntax Idea, 3(2), 6.
  23. Republika. (2021). Nadiem Dorong Daerah 3T Lakukan Pembelajaran Tatap Muka. Republika. https://www.republika.co.id/berita/qnbzzw423/nadiem-dorong-daerah-3t-lakukan-pembelajaran-tatap-muka
  24. Rudagi, R., & Siska, F. (2021). Analisis Ketimpangan Pendidikan pada Masa Covid-19 di Nagari Sisawah Kabupaten Sijunjung. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2032
  25. Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
  26. Sekretariat-GTK. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar
  27. Subarsono, A. (2012). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi (Cetakan Ke). Pustaka Pelajar.
  28. Sutopo, A. (2020). Tantangan Pendidikan di Era Pandemi. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). https://lldikti6.kemdikbud.go.id/2020/12/30/tantangan-pendidikan-di-era-pandemi/
  29. The Conversation. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534
  30. UUD RI, UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945. (1945).
  31. Ulfiaturrohmah, N., Hargianti, N. ‘Alimatul, & Diantoro, F. (2021). Dalam Menghadapi Problematika Pembelajaran Daring Di Daerah 3T. ISTIGHNA, 4(2), 115–131.
  32. Wibowo, A. (2020). Akses Pendidikan di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari Perspektif Hukum Administrasi Negara. Researchgate.Net, May. https://www.researchgate.net/profile/Aditya_Wibowo4/publication/341252194_Akses_Pendidikan_di_Indonesia_pada_Masa_Pandemi_Covid-19_ditinjau_dari_Perspektif_Hukum_Administrasi_Negara/links/5f76e9a8a6fdcc0086502da9/Akses-Pendidikan-di-Indonesia-pada-Masa-Pa
  33. Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST Journal (Biology, Education, Science, and Technology), 5(1), 318–323.