Main Article Content

Abstract

Etnopedagogi adalah model pembelajaran baru yang masih dikembangkan hingga saat ini, baik secara konsep maupun implementasinya.  Etnopedagogi secara sederhana ialah pembelajaran berbasis etnik, baik yang digunakan sebagai sumber belajar maupun media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep Etnopedagogi, implementasi dan hasilnya, hambatan, serta tantangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur sistematis. Tahapan pada penelitian ini adalah menentukan kata kunci, proses pencarian sesuai kriteria, dan analisis artikel. Data untuk studi literatur dikumpulkan dengan bantuan Publish or Perish software. Akses yang digunakan untuk mencari artikel yang dikaji menggunakan database Google Scholar dan Scopus dengan rentang waktu 10 tahun terakhir.  Hasil studi menunjukkan belum didapatkan konsep yang jelas mengenai Etnopedagogi. Hambatan yang berasal dari belum matangnya konsep menyebabkan implementasi Etnopedagogi yang belum matang, seperti minimnya kompetensi guru mengenai Etnopedagogi. Tantangan yang ada ialah para pemangku kepentingan pendidikan harus berani mengubah pandangan mengenai paradigma pembelajaran. Selain itu, perlu adanya pembenahan dari guru mengenai kompetensi Etnopedagogi. Dengan demikian, perlu adanya pematangan lebih lanjut mengenai konsep Etnopedagogi.

Keywords

Etnopedagogi implementasi Etnopedagogi kearifan lokal SLR

Article Details

How to Cite
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 93 - 104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2888

References

  1. Abdurrahman, Ariyani, F., Nurulsari, N., Maulina, H., & Sukamto, I. (2020). The prospective ethnopedagogy-integrated STEM learning approach : science teacher perceptions and experiences. Journal of Physics: Conference Seris. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012082
  2. Akhmetova, S. (2014). The ethnopedagogics of Kazakhstan: The formation and development. World Applied Sciences Journal, 29(8), 1050–1054. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2014.29.08.13942
  3. Burns, H. L. (2015). Transformative Sustainability Pedagogy: Learning From Ecological Systems and Indigenous Wisdom. Journal of Transformative Education, 13(3), 259–276. https://doi.org/10.1177/1541344615584683
  4. Davies, D., Jindal-Snape, D., Collier, C., Digby, R., Hay, P., & Howe, A. (2013). Creative learning environments in education-A systematic literature review. Thinking Skills and Creativity, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2012.07.004
  5. Fahrutdinova, G. Z. (2016). Ethno-pedagogical factor of polycultural training. International Journal of Environmental and Science Education, 11(6), 1185–1193. https://doi.org/10.12973/ijese.2016.388a
  6. Fakhiroh, N. Z., Suprijono, A., & M, J. (2020). Etnopedagogi Kesenian Reog Cemandi untuk Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 231–236.
  7. Haerudin, D., & Koswara, D. (2017). Transformasi dan Kajian Etnopedagogi Naskah Wawacan Sulanjana. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 1. https://doi.org/10.31291/jlk.v15i1.513
  8. Hasan, I., Yufiarti, Y., & Edwita, E. (2021). Horse Racing: A Traditional Game to Improve Children’s Motor Gross Skill (Ethnopedagogy study on Dompu Tribe). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1247–1258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1646
  9. Khusainov, Z. A., Gaisin, R. I., Biktimirov, N. M., Valiev, M. R., & Gilemhanov, I. R. (2015). Formation of ecological culture in the aspect of ethno pedagogy. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1S3), 126–130. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s3p126
  10. Klara, K., Baktiyar, O., Sandygul, K., Raikhan, U., & Gulzhiyan, J. (2015). Ethnic pedagogy as an integrative, developing branch of pedagogy. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1S1), 612–619. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s1p612
  11. Lestari, E. T., & Bahri, S. (2021). Development of Social Studies Learning Outcomes with Tajhin Peddhis-Based Etnopedagogy Approach. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2309–2318. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.977
  12. Lina, L., Ulfatin, N., & Sultoni, S. (2021). Domain Keterampilan Siswa SMA Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4), 520–536. journal.um.ac.id
  13. Mukhibat, M. (2015). Memutus Mata Rantai Radikalisme dan Terorisme Berbasis Studi Etnopedagogi di PTNU dalam Membentuk Keberagaman Inklusif dan Pluralis. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 222–247.
  14. Neustroev, N., Neustroeva, A., & Shergina, T. (2018). Individualization and ethnopedagogy at small elementary schools components of vocational training for University Tutors. Sibirica, 17(3), 92–115. https://doi.org/10.3167/sib.2018.170309
  15. Nikmawati, E. E., Widiaty, I., Achdiani, Y., Hurriyati, R., & Mubaroq, S. R. (2019). Educational digital media for traditional food of Kampung adat cireundeu: An ethnopedagogy perspective. Journal of Engineering Science and Technology, 14(5), 2540–2551.
  16. Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353
  17. Putra, P., Setianto, A. Y., Hafiz, A., . M., & . A. (2021). Etnopedagogic Studies In Character Education In The Millinneal Era: Case Study MIN 1 Sambas. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(2), 237–252. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i2.547
  18. Rahmawati, Y., Ridwan, A., Cahyana, U., & Wuryaningsih, T. (2020). The integration of ethnopedagogy in science learning to improve student engagement and cultural awareness. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 662–671. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080239
  19. Ramadan, Z. H. (2019). ETNOPEDAGOGI DI SD NEGERI 111 KOTA PEKANBARU Zaka Hadikusuma Ramadan 1 Surel: ESJ (Elementary School Journal), 9(3), 190–200.
  20. Rasna, I. W., & Pande Tresnayani, N. P. (2021). Values of Local Wisdom in Traditional Games Penyu Mataluh in Serangan: Study Ethnopedagogy. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 346. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.37355
  21. Selasih, N. N., & Sudarsana, I. K. (2018). Education Based on Ethnopedagogy in Maintaining and Conserving the Local Wisdom: A Literature Study. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(2), 293. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v6i2.219
  22. Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.327
  23. Supriyadi, Waremra, R. S., & Betaubun, P. (2019). Papua contextual science curriculum contains with indigenous science (Ethnopedagogy study at Malind Tribe Merauke). International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 1994–2000.
  24. Toleubekova, R. K., Zhumataeva, E., & Sarzhanova, G. B. (2022). The Role of Ethnopedagogy in Shaping Positive Attitudes towards Traditional Values of Kazakh People among Future Teachers in Kazakhstan. Koers - Bulletin for Christian Scholarship, 87(1), 1–12. https://doi.org/10.19108/koers.87.1.2430
  25. Zakaria, I., & Priyatni, E. T. (2021). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1630–1649.