Main Article Content
Abstract
The purpose of this writing is to study the potential of early childhood education (ECE) and nonformal education (NFE), educational indicators based on education mission, and performance of ECE and NFE. The method used is documentation or reference study. Analysis is held by descriptive method using educational indicators based on education mission, that is, availability, quality, equality, and assurance of service. The results shows that the potential of seven programs (literacy, ECE, Packet A, Packet B, Packet C and courses) had accommodated 12.9 million students, 575.6 thousand facilitators, and 160.9 thousands organizers. Besides that, based on education mission with the ideal value of100, the value of availability was 84.48, quality was 59.92, equality was 83.85, and services assurance was 73.45 so that the performance became 75.43. To conclude, both ECE and NFE has the lowest performance from its quality and the highest performance from its availability.
ABSTRAK
Â
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji potensi layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF), indikator pendidikan berdasarkan misi pendidikan, dan kinerja PAUD dan PNF tahun 2012. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi atau kepustakaan. Analisis dilakukan secara deskriptif menggunakan indikator pendidikan berdasarkan misi pendidikan, yaitu ketersediaan, kualitas, kesetaraan, kepastian layanan. Hasil kajian menunjukkan bahwa potensi 7 layanan pendidikan (pendidikan keaksaraan (PK), PAUD, TK, Paket A, Paket B, Paket C, dan kursus) telah berhasil menampung 12,9 juta peserta didik, dengan pendidik sebesar 575,6 ribu, dan pengelola sebesar 160,9 ribu. Selain itu, berdasarkan misi pendidikan dengan nilai ideal 100 maka ketersediaan sebesar 84,48, kualitas sebesar 59,92, kesetaraan sebesar 83,85, dan kepastian sebesar 73,45 sehingga kinerjanya menjadi 75,43. Simpulannya, kinerja PAUD dan PNF yang terendah adalah pada kualitas layanan dan yang tertinggi adalah pada ketersediaan layanan.
Article Details
References
- Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Nonformal, Jakarta.
- Dilihatya.com. Agustus 2014). Pengertian Indikator Menurut para Ahli. http://dilihatya.com/1133/Pengertian-Indikator-Menurut-para-Ahli, diakses 22 September 2014.
- Faridy, F. 8 Desember 2014. Peran Guru Laki-laki terhadap PAUD. www.kompasiana.com/faieza/peran-guru-laki-laki-terhadap-paud-54f924cda33311fc078b474f, diakses 13 Pebruari 2014.
- Sulton, M. 2012. Pengertian Indikator dalam Pendidikan. http://studentgoblog.blogspot.com/2012/04/pengertian-indicator.html. diakses 20 September 2014.
- http://www.kinerja.or.id/. diakses 22 September 2014
- Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014. Jakarta.
- Kintamani, I. 2012. Kinerja Pendidikan Kesetaraan sebagai Salah Satu Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1). hlm. 65-84.
- Kintamani, I. 2013. Indikator Misi Pendidikan 5K Berdasarkan Rencana Strategis Pendidikan 2010-2014. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan.
- Mangkunegara, A. P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Pusat Data dan Statistik Pendidikan. 2013a. Statistik PAUD Tahun 2012/2013. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Pusat Data dan Statistik Pendidikan. 2013b. Statistik Pendidikan Nonformal Tahun 2012/2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Sekretariat Negara. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
- Sekretariat Negara. 2010. Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.
- Soehartono, I. 2002. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sudjana, D. 2001. Pendidikan Nonformal: Filsafat, Asas, dan Teori Pendukung Asas. Bandung:Falah Production.
- Sulistyarini, A.T. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Graha Ilmu.